Trending

Bupati Sinjai resmikan UKM Mart Mina Passabu Karya

Bupati Sinjai melakukan pengguntingan pita sebagai tanda dibukanya UKM Mart Mina Passabu Karya
MC-SINJAI, Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya meresmikan UKM Mart, Kamis pagi (6/8). Toko bernuansa modern ini berlokasi di Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur dan merupakan salah satu usaha Koperasi Unit Desa (KUD) Mina Passabu Karya.

Peresmian toko ini ditandai dengan pengguntingan pita  oleh Bupati Sinjai yang dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sinjai, Anggota DPRD Sinjai, Camat Sinjai Timur, Kapolsek Sinjai Timur dan pengurus koperasi Dekopinda Sinjai.

Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya dalam sambutannya berharap dengan kehadiran UKM mart tersebut koperasi di Sinjai semakin berkembang, berdaya saing, mandiri dan peranannya semakin besar sebagai soko guru perekonomian.

Menurut Bupati, Pemerintah memfasilitasi berdirinya ritel-ritel modern berbasis koperasi, untuk mengangkat derajat UKM serta mendukung pemasaran komoditas lokal. Meskipun sering disebut bahwa perekonomian Indonesia disusun berdasarkan asas kekeluargaan, nyatanya pelaku koperasi dan usaha kecil dan menengah (UKM) di negeri ini terkesan cuma menjadi “anak tiri.” Sektor ini selalu berada di pinggiran dan tidak pernah menjadi pemain utama dalam perekonomian Indonesia. 

Masih dalam sambutannya, pemerintah mencoba membuat gebrakan baru dengan meluncurkan UKM Mart yang merupakan sebuah toko ritel modern berbasis koperasi. Pengembangan UKM Mart ini diawali dengan Waserda yang sudah ada di Koperasi difasilitasi dengan dana bantuan agar menjadi minimarket modern berskala UKM.

"Semoga kehadiran UKM Mart ini dijadikan semacam perangsang bagi gerakan koperasi untuk lebih mampu menata kemampuan manajemennya dan tetap diminta mengikuti pola kemandirian, tanpa melupakan aspek profesionalisme dan identitas khas toko ritel koperasi," jelas Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sinjai, Lukman Fattah mengatakan bahwa UKM Mart merupakan program pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM RI yang selalu berusaha mencari satu cara untuk mengembangkan usaha Koperasi dan UMKM di tengah menjamurnya ritel modern.

"Ini juga sebagai salah satu solusi untuk mengatasi keterbatasan modal koperasi demi meningkatkan penguatan ekonomi kerakyatan sesuai dengan visi bupati Sinjai," kata Lukman. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates