Trending

Dampak El nino Tidak Pengaruhi Produksi Pangan di Sulsel

MC-SINJAI, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menjamin dampak El Nino yang mengakibatkan kemarau panjang di Sulsel tidak akan mempengaruhi produksi pangan. Syahrul menyatakan, secara nasional memang cuaca ini metara di Seluruh Indonesia termasuk di Sulsel.

Syahrul dihadapan awak media ketika melakukan kunjungan di Kabupaten Sinjai, baru-baru ini mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan langkah antisipatif menghadapi kekeringan.

Langkah yang dimaksud yakni pembuatan desk dan melakukan pemetaan dimana saja daerah yang terkena dampak kekeringan paling parah. Di sektor perkebunan, ia menginstruksikan untuk membuat sumur kedalaman 15-30 meter serta menggunakan sistem infus atau metodologi mempertahankan tanaman di musim kering.

Syahrul juga menginstruksikan, jerami bekas panen padi jangan cepat diambil. Itu berguna untuk menutupi lahan sehingga tetap lembab. "Kita juga menata ulang sistem pengairan agar tidak terbuang percuma dan kembali ke laut," ujarnya. 

Gubernur menjamin stok beras Sulsel aman, apalagi saat ini sebagian daerah di Sulsel akan segera panen, sehingga pihaknya optimis produksi pertanian pangan tidak akan banyak terpengaruh oleh El Nino. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates