Trending

BPS Sinjai Rampungkan PBDT 2015

MC-SINJAI, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai saat ini sedang merampungkan pendataan rumah tangga (PRT) secara door to door untuk mempertajam penetapan rumah tangga sasaran program perlindungan sosial pada Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) tahun 2015.

Kepala BPS Sinjai, Andi Rahmat saat ditemui diruang kerjanya mengatakan, pendataan dilakukan selama 30 hari sejak tanggal 22 juni hingga 22 juli 2015.

Sebelumnya kata Rahmat, telah dilakukan pendataan tahap pertama yakni melalui forum konsultasi publik (FKP) pada tanggal 27 mei hingga 16 juni di seluruh desa/kelurahan yang ada di Sinjai.

Rahmat menjelaskan, hasil FKP ini kemudian disempurnakan melalui pendataan kembali secara door to door, dengan berbagai variabel karateristik sosial ekonomi seluruh rumah tangga.

Hasil Pendataan ini nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam pemberian berbagai bantuan perlindungan sosial seperti Program Simpanan Keluarga Sejahtera, Program Indonesia Pintar, Program Indonesia Sehat serta bantuan program lainnya.

“Dengan adanya kegiatan PBDT  tahun 2015, dapat menjadi acuan data dasar bersama, bagi penetapan sasaran pelaksanaan program penanggulan kemiskinan oleh pemerintah pusat dan daerah, khususnya di Sinjai,” tandasnya.

Rahmat menambahkan, di Kabupaten Sinjai petugas pendataan yang dilibatkan sebanyak 116 orang ditambah pengawas dan pemeriksa lapangan sebanyak 16 orang.

Sementara itu,Wakil Bupati Sinjai, Andi Fajar Yanwar, selaku ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Sinjai, meminta semua pihak untuk mendukung terlaksananya Pemutakhiran Basis Data Terpadu tahun ini karena PBDT menjadi bagian penting dalam upaya pengentasan kemiskinan yang ada. 

“Pemutakhiran Basis Data Terpadu ini akan digunakan sebagai sumber data, di dalam membidik sasaran perlindungan sosial,”ujarnya. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates