Trending

Ratusan Hektar Sawah Di Sinjai Timur Alami Puso

MC-SINJAI, Ratusan hektar tanaman padi di Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai dinyatakan gagal panen (puso) karena kekeringan. Akibatnya, para petani dipastikan merugi hingga ratusan juta rupiah.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Hortikultura Kabupaten Sinjai, Ir. Jamil mengatakan, puso ini terjadi akibat kemarau panjang yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk di kabupaten Sinjai.

Di Kecamatan Sinjai Timur, sekitar 111 hektar sudah dipastikan mengalami puso, dan 106 hektar sawah diantaranya berada di Desa Sanjai. "Kami sudah melakukan pemantauan bersama danramil di Desa Sanjai dan seluruh sawah disana dipastikan akan mengalami puso," katanya.

Selain itu, sekitar 818 hektare tanaman padi yang berada di kecamatan lainnya saat ini kondisinya sedang terancam puso. 

Untuk mengantisipasi terjadinya puso yang lebih luas. Jamil mengungkapkan, pihaknya berupaya mengoptimalkan penggunaan pompa air yang ada di kelompok tani. 

Menurut Jamil, saat ini yang dibutuhkan adalah tambahan pompa air untuk daerah yang ada sumber airnya. "Jadi kami sudah meninjau lokasi yang mengalami puso, jika didaerah sekitarnya masih ada sumber air kita akan membangun sumur bor di lokasi tersebut," kata Jamil.

Pihaknya juga saat ini melakukan pendataan jumlah sawah yang mengalami puso dan kebutuhan pompa air untuk dilaporkan ke Kementerian Pertanian RI, " Saya sudah terima SMS langsung dari bapak Menteri yang meminta data terkait jumlah pompa air yang dibutuhkan dan jumlah area sawah yang kering di Sinjai," katanya.

Salah seorang petani di Desa Sanjai, Burhan mengungkapkan bahwa semua petani di desa ini dipastikan tidak bisa panen. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates