Trending

RSUD Sinjai Gelar Operasi Katarak Gratis

MC-SINJAI, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Sulsel dan Japan International Cooperation in Ophthalmology (JICO) melaksanakan bakti sosial, berupa Operasi Katarak di RSUD Sinjai, Kamis (17/9).

Kepala Bidang Pelayanan dan Keperawatan RSUD Sinjai dr. Emmy Kartahara mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara gratis  bagi warga yang memiliki gangguan penglihatan  atau katarak. 

Menurut Emmy, Hingga berita ini dirilis terdapat 43 orang pasisen yang telah mendaftar menjalani operasi katarak.

"Jadi sudah ada 43 pasien yang mendaftar dan jumlah ini akan bertambah karena pelaksanaan operasi ini berlangsung hingga besok," katanya.

Berdasarkn persediaan obat, pihaknya menargetkan sekitar 75 pasien yang akan menjalani operasi katarak ini. Jumlah ini katanya melebihi target operasi katarak pada tahun lalu  yang hanya sebanyak 50 pasien.

Pelayanan ini dilakukan bagi warga kabupaten Sinjai maupun dari luar Sinjai, dengan tidak dipunguti biaya apapun, mulai dari pemeriksaan hingga pelaksanaan operasi. "Bagi siapa saja bisa mendaftarkan diri, tanpa dipungut biaya apapun.

Lanjut dr. Emmy, teknis operasi yang digunakan yaitu menggunakan laser, atau tanpa jahitan, dimana teknik tersebut dapat digunakan pada operasi katarak yang masih usia muda maupun mature atau tua.

Pelaksanaan Operasi ini dipantau oleh dokter dari JICO Jepang, Pengurus PERDANI Sulsel yang didampingi oleh Asisten III Administrasi Keuangan Setdakab Sinjai, H. Akmal, Direktur RSUD Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa dan Kasdim Kodim 14 24 Sinjai.

Kegiatan ini melibatkan dokter spesialis mata dari Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar dalam rangka Diesnatalis UNHAS  dan didukung oleh Kodim 1424 Sinjai. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates