Trending

KPA Sinjai Apresiasi Ranperda Inisiatif Penanggulangan HIV/AIDS

MC-SINJAI, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sinjai mengapresiasi lahirnya Rancangan Peraturan Daerah (ranperda) tentang penanggulangan HIV/AIDS yang diinisiasi oleh  DPRD Sinjai.

Ketua KPA H.A. Fajar Yanwar menilai, keberadaan perda ini sangat penting mengingat fenomena AIDS di Sinjai semakin menggejala. Setiap tahunnya, jumlah penderita terus bertambah dan penyebarannya makin meluas.

"Sinjai masuk 10 besar dalam epidemik penyakit HIV/AIDS di Sulsel dan penyebarannya makin meluas hingga disemua kalangan," ungkapnya ketika menghadiri Temu Kordinasi Penanggulangan HIV/AIDS di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Kamis (26/10).

Dengan adanya regulasi tersebut, penanganan penyakit HIV/AIDS diharapkan bisa lebih efektif dan optimal.

Tahun ini saja, sebut A.Fajar , ada 18 orang yang positif HIV dan AIDS. Jumlah tersebut diprediksi masih akan terus bertambah hingga akhir tahun. 

“Kalau tidak ditanggulangi secara masif dan sistematis ini bisa mengancam masa depan generasi kita," ujarnya.

A. Fajar yang juga selaku Wakil Bupati Sinjai berharap jika ranperda ini telah disahkan maka pemerintah menyiapkan anggaran yang cukup serta sarana dan prasarana dalam penanggulangan AIDS.

"Masalah anggaran akan dibahas bersama seluruh stakeholder, bahkan Pemerintah Desa melalui Dana Desa sangat memungkingkankan mengalokasikan anggarannya  untuk pencegahan penyakit mematikan ini," jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sinjai Abd. Haris Umar menyampaikan bahwa penanggulangan HIV/AIDS ini merupakan tanggungjawab kita bersama.

Ia berharap setelah perda ini disahkan, seluruh stakeholder tang terkait dapat lebih memperbanyak sosialisasi dan penyuluhan tentang penyakit ini. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates