Trending

Peringatan HKN, Bupati Ajak Masyarakat IKut Germas Hidup Sehat

Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa SH,  LLM
MC-SINJAI, Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran berperilaku hidup sehat melalui gerakan masyarakat (Germas) hidup sehat yang telah diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia menjadi suatu gerakan nasional yang tertuang dalam Inpres Nomor 1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat.

Diakuinya, Hari Kesehatan Nasional ke-54 bertepatan dengan empat tahun pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla berbagai program kesehatan yang dilaksanakan telah berjalan dengan baik.

"Hal ini dapat kita refleksikan melalui hasil-hasil program kesehatan yang meliputi upaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan dan peningkatan mutu layanan," ungkap Andi Seto saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 54, Kamis (15/11/18) di Langan Bikeru I Kecamatan Sinjai Selatan.

Disampaikannya, bahwa peran pemerintah untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan melalui perlindungan finansial telah dibayarkan iuran bagi penerima bantuan iuran (PIB) yakni 87,8 juta jiwa pada tahun 2015 menjadi 92,3 juta jiwa. 

Fasilitas kesehatan tingkat pertama yang menerima layanan JKN dari 19.969 tahun 2015 menjadi 21.763 pada tahun 2017. Untuk fasilitas tingkat lanjutan juga mengalami peningkatan dari 1.847 faskes tahun 2015 menjadi 2.292 pada tahun 2017.

Pemenuhan sumber daya manusia kesehatan untuk memenuhi akses pelayanan kesehatan khususnya di daerah-daerah terpencil perbatasan dan kepulauan di (DTPK) hingga tahun 2017 pemerintah telah menempatkan 6.316 tenaga kesehatan melalui nusantara sehat (NS) wajib kerja dokter spesialis (WKDS)  serta penugasan khusus calon dokter spesialis.

Sebelumnya, pemerintah pada tahun 2017 untuk meningkatkan mutu pelayanan dalam meningkatkan sarana dan prasarana pada fasilitas tingkat pertama sebanyak 375 rehabilitasi puskesmas, 35 pembangunan gedung, 750 pembangunan baru puskesmas, 34 unit puskesmas keliling perairan, 537 unit Puskesmas keliling roda empat dan 2.525 peningkatan sarana dan prasarana puskesmas, serta 10.437 penyediaan alat kesehatan di puskesmas. 

"Saat ini untuk fasilitas kesehatan tingkat rujukan telah terdapat 104 rumah sakit rujukan regional, 20 rujukan provinsi, empat RS rujukan nasional dan 408 RSUD lainnya," jelasnya.

Peringatan hari kesehatan Nasional tahun ini mengusung tema "Aku Cinta Sehat" yang sejalan dengan gerakan masyarakat hidup sehat yang menekankan pada kesadaran tiap individu untuk berperilaku hidup sehat.

Upacara tersebut turut dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua DPRD Sinjai, unsur Forkopimda ,para Kepala OPD, para Kabag, para Camat, para Kepala Puskesmas serta diikuti oleh seluruh tenaga kesehatan yang ada di Sinjai. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates