Trending

Akibat Covid-19, Pemkab Sinjai Rasionalisasi Target PAD

MC-SINJAI, Total Pendapatan APBD Sinjai Tahun 2020 hingga triwulan pertama telah mencapai 21,43 persen atau berkisar Rp 200 milyar dari total target Rp 1,164 triliun, sedangkan untuk pendapatan asli daerah (PAD)  dari target Rp 100,456 millyar telah dicapai sekitar 28,98 persen.  

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda)  Sinjai Asdar Amal Darmawan mengatakan bahwa realisasi penerimaan pendapatan pada triwulan pertama belum terlalu memberikan efek dari pandemi global virus corona,  namun baru dirasakan pada dua minggu terakhir terkhusus berkurangnya pendapatan daerah. 

"Pada periode Januari-Maret psnerimaan pendapatan belum terlalu ada efeknya dari covid-19, namun dua minggu terakhir ini dampaknya sangat terasa bahkan secara umum turun sampai sepertiga dari normalnya, " Asdar saat menjadi narasumber dalam Musrembang RKPD 2021 via online di Aula Kantor Bappeda Sinjai,  Jumat (17/4/20).

Olehnya itu menindaklanjuti Surat Keputusan Bersama (SKB)  mneteri Keuangan danenteri Dalam Negeri,  selain melakulan rasionalisasi belanja, juga dilakukan rasionalisasi pendapatan akibat dari covid-19 ini. 

"Semua struktur pendapatan dilakuan rasionalisasi baik itu pendapatan transfer dana daerah,  Pendapan Asli Daerah maupun pendapatan lain-lain yang sah, " katanya. 
Mantan Kepala Balitbangda ini mengungkapkan bahwa terkhusus Pendapatan Asli Daerah,  pihaknya bersama seluruh Perangkat Daerah pengelola PAD telah mendiskusikan bersama terkait rasionalisasi ini. 

Dari hasil diskusi tersebut telah disepakati ada rasionalisasi Pendapatan Asli Daerah hingga berkurang secara kumulatif 9,30 persen dari target sebelumnya,  baik dari sisi pajak daerah,  retribusi daerah,  penerimaan BUMD dan PAD lainnya. 

"Dari target awal kita rencanakan PAD sebesar 100,456 milyar rupiah tetapi dampak dari covid-19 ini maka kita lakukan rasionalisasi hingga turun 9,30 persen atau menjadi 91,089 milyar rupiah," ungkapnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates