Trending

Swalayan Sinjai Terapkan Protokol Pencegahan Covid-19

MC-SINJAIKasus infeksi positif Corona (Covid-19) di Indonesia terus bertambah, berbagai upaya terus juga dilakukan oleh Pemerintah untuk mencegah penularan covid-19.

Sejak mulai mewabah virus corona ininpll pada pertengan bulan maret lalu,  pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19  telah mengeluarkan 5 "Protokol Penanganan Covid-19.

Kelima protokol itu ialah Protokol Area dan Transportasi Publik, Protokol Area Institusi Pendidikan, Protokol Kesehatan, Protokol Komunikasi, dan Protokol Perbatasan.

Protokol-protokol tersebut merupakan panduan tatacara, sikap, dan tindakan yang perlu dijalankan dalam berbagai situasi dan tempat. Seluruh pihak termasuk masyarakat diharapkan memahaminya demi mencegah penularan dan penyebaran Covid-19. 

Sebagai pedoman dan panduan, protokol penanganan Covid-19 perlu diturunkan ke dalam sejumlah langkah nyata di setiap lingkungan. Seperti yang dijumpai beberapa toko swalayan, ritel dan supermarket di Sinjai telah menetapkan protokol ini. 

Di Swalayan Indomaret yang berada di Jalan Sunu Kelurahan Lappa salah satunya. Ada yang berbeda ketika mengunjungi toko yang menjual segala jenis produk makanan dan barang. 

Sebelum memasuki pintu masuk, sebuah hand sanitizer disediakan untuk pengunjung toko ini yang hendak membersihkan tangan sebelum maupun sesudah berbelanja. Mudah ditebak bahwa penyediaan hand sanitizer tersebut merupakan respon terhadap penanganan dan pencegahan Corona di area publik.

Bukan hanya menyediakan hand sanitizer, toko swalayan yang sering dipadati pembeli ini juga membuat fasilitas tambahan bagi pengunjung yaitu terdapat trmpat cuci tangan, lengkap dengan sabun cair, air mengalir, dan tissu untuk mengeringkan tangan.

Seperti halnya hand sanitizer, tempat cuci tangan juga untuk memfasilitasi kebutuhan cuci tangan guna menjaga kebersihan, terutama mencegah penularan dan penyebaran penyakit.

Salah satu Karyawan, Zainal saat ditemui Kamis (16/4/20) mengatakan, pihaknya kooperatif terhadap imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan melawan terhadap Covid-19.

"Di toko kami, telah tersedia tempat cuci tangan untuk para konsumen, ada tanda jarak antrian di kasir serta juga mewajibkan karyawan dan pembeli untuk memakai masker" katanya.

Terkait dengan dampak ekonomi sejak mewabahnya virus corona, Zainal mengakui harga kebutuhan masyarakat tetap stabil dan tidak mengalami kekurangan stok.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates