Trending

Hadapi Musim Tanam, BPPKP Gelar Tudang Sipulung

MC-SINJAI, Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPPKP) Kabupaten Sinjai menggelar musyawarah Tudang Sipulung yang diikuti Para ketua dan anggota Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA), Para Ketua GAPOKTAN, Para Panre Tanra/Pa’Lontara di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Rabu (30/12). 

Kepala BPPKP Sinjai, Andi Mustakim mengungkapkan tudang sipulung ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran atau informasi prakiraan cuaca/musim yang akan terjadi pada musim tanam Oktober-Maret 2016 terutama mengenai keadaan curah hujan.

Sementara itu  Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya dalam sambutannya mengatakan bahwa, tudang sipulung ini mempunyai arti yang sangat penting karena sektor pertanian merupakan salah satu prioritas pembangunan di kabupaten Sinjai.

“Keberhasilan pembangunan pertanian sangat ditentukan oleh koordinasi yang baik karena banyak faktor penentu keberhasilan di bawah kendali instansi atau lembaga yang lain sehingga diharapkan tudang dipulung menjadi ajang koordinasi agar semua stakeholder bersinergi dan memberikan dukungannya dalam pembangunan pertanian sesuai dengan rencana yang telah disepakati”,jelasnya.

Saat ini, lanjutnya peningkatan produksi Padi dan Palawijaya di kabupaten sinjai mengalami peningkatan, meski ada beberapa hektar sawah yang mengalami puso, hal ini disebabkan karena bencana kekeringan yang melanda Sinjai beberapa bulan lalu.

Tudang Sipulung ini dihadiri pula oleh Rektor Universitas Islam Makassar (UIM), DR.Ir.Hj. Andi Majdah Agus Arifin Nu'mang. Menurutnya, kehadirannya di Kabupaten Sinjai dalam kapasitas sebagai Rektor UIM mengingat bahwa banyak mahasiswa UIM yang berasal dari Kabupaten Sinjai dan bekerja di sektor pertanian. 

Istri wakil Gubernur Sulsel ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan momentum yang sangat penting dimana pertanian masih menjadi tulang punggung untuk pembangunan di Indonesia sehingga perlu pemanfaatan teknologi pertanian dan peningkatan SDM bagi para pelaku pertanian.

Kegiatan yang digelar  ini juga diikuti para penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan serta Koramil dan Babinsa Kodim 1424 Sinjai.  Selain itu juga hadir para camat, Kepala desa dan kelurahan, Kepala  Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi SulSel, Dandim 1424 Sinjai, Ketua Pengadilan Negeri Sinjai, para Pimpinan BANK Se-Kabupaten Sinjai dan Kepala BP3K.  (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates