Trending

Puluhan Kader IMM STISIP Sinjai Ikuti Pelatihan Jurnalistik Radio

MC-SINJAI, Komisariat Ikatan mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (STISIP) Sinjai menggelar Workshop Pelatihan Jurnalistik Radio di Aula Diskominfobudpar Sinjai, Sabtu (5/12).

Pelatihan jurnalistik yang diikuti puluhan kader IMM STISIP Sinjai ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dan mahasiswi tentang jurnalistik radio diantaranya menjadi penyiar dan reporter yang berkualitas.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Radio Pemerintah Kabupaten Sinjai, Suara Bersatu ini menghadirkan dua orang praktisi yang berpengalaman di bidang radio diantaranya Lutfi Hidayat dan Iswan Ahmad.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan itu, antara lain meliputi, dasar-dasar jurnalistik, landasan hukum pers, standar perusahaan media, kompetensi wartawan, karakter jurnalistik radio, dan prinsip-prinsip penulisan berita radio.

“Konsep dasarnya semua berita sama, yakni memperhatikan 5W dan 1H, tapi karakternya berbeda, karena radio untuk pendengar,” kata Lutfi Hidayat.

Pelatihan ini kata Lutfi sebagai event pembelajaran untuk mengenal dan memahami dasar-dasar pengetahuan broadcasting. Ia menambahkan, selain untuk menciptakan profesional, pelatihan tersebut juga dapat memberikan pengetahuan bagi mahasiswa, sehingga mereka mampu menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas yang berdasarkan pada kode etik yang telah ditentukan.

Sementara itu, Iswan Ahmad yang juga selaku Koordinator Liputan di Radio Suara Bersatu memaparkan secara teknis tugas dan fungsi reporter dalam melakukan peliputan di Lapangan. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates