Trending

DPK Sinjai Canangkan Sinjai Gemar Membaca

MC-SINJAI, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai melakukan Pencanangan Sinjai Gemar Membaca dan Launching Kafe Baca dengan tema : “Mari Membangun Masyarakat Sinjai Melalui Budaya Baca dan Perpustakaan”. Acara tersebut berlangsung di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Senin (22/5).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab.Sinjai, La Baba Paisal,SH,M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pencanangan Sinjai Gemar Membaca dan Launching Kafe Baca serta tempat baca di Taman Baca adalah serentetan kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 15 April sampai 14 Juni 2017. 

"Ini adalah program jangka pendek (dua bulan) dan akan dilanjutkan dalam program jangka menengah (satu tahun) dan program jangka panjang (tiga tahun) yang dikemas sebagai inovasi perpustakaan," katanya.

Wujud inovasi perpustakaan sampai saat ini dalam upaya mendekatkan perpustakaan kepada masyarakat antara lain, telah membentuk tiga kelompok pemerhati perpustakaan, MoU dengan Dandim 1424 Sinjai tentang Perpustakaan Bergerak,  MoU dengan Dinas Pendidikan tentang Pemanfaatan Perpustakaan, terbangunnya Kafe Baca dan Tempat Baca di taman baca yang didukung dengan Pelayanan Internet Gratis. 

"Kami Membuka layanan full sirkulasi mulai pukul 08.00 s.d pukul 22.00 senin – minggu kecuali hari besar, serta memperluas layanan perpustakaan bergerak yaitu di tempat umum seperti Car Free Day, tempat wisata Tongke-tongke, tempat wisata karampuang Pattongko dan tempat wisata kuliner Tepian Sungai Tangkam," tambahnya.

Asisten Administrasi Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Sinjai, dr.Hj. Nikmat B.Situru,M.AP ketika mewakili Bupati dalam acara tersebut mengatakan bahwa gemar membaca seyogyanya dimulai dari lingkungan keluarga, karena keluarga merupakan lingkup yang paling strategis untuk memunculkan generasi yang berwawasan luas mampu bergaul di dunia modern yang terus bergerak dengan cepat.

Ditambahkan, upaya pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat akan dilakukan terus – menerus baik melalui media formal, non formal/informal dan salah satunya adalah melalui perpustakaan. Ini merupakan sarana belajar sepanjang hayat dan untuk menjadi manusia yang cerdas tidak hanya dengan belajar sampai ke jenjang pendidikan formal tetapi harus belajar sepanjang hidup, dengan membaca dimana saja dan kapan saja.

"Pencanangan Sinjai Gemar Membaca  tersebut akan ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan, salah satunya mengajak dan menghimbau kepada seluruh OPD, sekolah/madrasah dan seluruh elemen masyarakat Sinjai. Diharapkan agar sebelum melakukan aktifitas agar membaca buku 10 sampai 15 menit. Kepala OPD diharapkan menindaklanjuti kegiatan ini dengan menyiapkan sarana baca pada ruang tunggu pelayanan umum," pintanya. (AaNd)



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates