Trending

Puskesmas Balangnipa Rutin Gelar Program Prolanis

MC-SINJAI, Guna memantau kesehatan masyarakat pengidap penyakit kronis semisal DM atau hipertensi, UPTD Puskesmas Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara menggelar senam Prolanis (program penyakit kronis) di depan halaman Puskesmas Balangnipa, Ahad (8/3/20).

Kepala UPTD Puskesmas Balangnipa dr. Aliawati Albek mengatakan bahwa program ini dilaksanakan sebagai upaya pihaknya melakukan pencegahan penderita penyakit kronis agar tidak mengalami komplikasi lanjutan, sebab penyakit DM atau hipertensi adalah jenis penyakit yang banyak diidap mayarakat.

"Diharapkan dengan masyarakat mengikuti kegiatan Prolanis secara rutin akan dapat mengontrol penyakit kronisnya. Sebab dalam setiap pelaksanaan kegiatan ini, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan," ungkapnya.

dr. Aliawati melanjutkan, program ini mengajak peserta untuk rajin mengikuti senam, pemeriksaan tekanan darah, dan penyuluhan kesehatan. 

Adapun jumlah peserta aktif klub prolanis berjumlah 60 orang, yang merupakan peserta yang terdaftar dalam program prolanis serta masyarakat sekitar. 

"Dengan adanya kegiatan senam diharapkan para pasien DM dan Hipertensi bisa tetap terjaga kesehatannya dengan mengetahui status kesehatan mereka karena pada kegiatan ini, dilakukan pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan Gula darah," katanya. 

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap hari Ahad disertai dengan pemeriksaan tekanan darah dan khusus di setiap pekan kedua tiap bulan ada penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan laboratorium. 

"Jadi kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap pekan dan pada pekan kedua dilakukan penyuluhan.  Khusus hari ini materinya tentang kesehatan tradisional seperti tanaman obat keluarga," tambahnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates