Trending

Penilaian Lomba Desa di Talle

MC-SINJAI. Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) melakukan penilaian lomba desa tingkat Kab. Sinjai  di Desa Talle, Kecamatan Sinjai Selatan pada Senin (09/02).

Penilaian lomba desa ini bertujuan sebagai upaya memberdayakan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, meningkatan motivasi, partisipasi dan swadaya serta gotong-royong masyarakat di desa secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan.

Tim Penilai Lomba Desa ini di pimpin langsung oleh kepala BPM Sinjai, Andi Talha, sedangkan juri penilai lomba desa tersebut meliputi dinas pendidikan, dinas kesehatan, kepolisian, PKK, dan bagian pemerintahan desa.

Penilaian lomba ini didasarkan pada keberhasilan indikator pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan desa, lembaga kemasyarakatan dan indikator pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Sekdes Talle, Azikin menjelaskan bahwa berdasarkan penilaian lomba desa tingkat kecamatan, diantara 10 desa yang ada di kecamatan sinjai selatan ini, Desa Talle  yang bisa mewakili Kecamatan Sinjai Selatan di lomba desa tingkat kabupaten, hal ini karena  di tunjang oleh partisipasi masyarakat untuk mengikuti lomba desa.

Sementara Camat Sinjai Selatan A. Irwan Syahrani Yusuf, mengungkapkan bahwa Desa Talle sebelumnya pernah  mengikuti lomba desa, yaitu pada tahun 1987 berhasil meraih juara 2 tingkat provinsi, tahun 1992 juara harapan 3, sehingga dari kecamatan tidak terlalu banyak memberikan pembelajaran, karna lembaga-lembaga sudah mengetahui menjalankan tugas dan fungsinya.

Dirinya berharap di masa-masa yang akan datang ada desa lain  yang bisa mewakili Kecamatan Sinjai Selatan agar tidak  tertinggal dengan desa-desa yang lain. (L2)

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates