Trending

Desa Harus Kreatif dan Inovatif

MC-SINJAI, Pemerintah menggelar Lomba Desa bukan sekadar hanya menampilkan dan menonjolkan kelengkapan administrasi dalam indikator penilaian sesaat saja, tapi lomba desa ini diadakan dan tetap dipertahankan oleh pemerintah pusat untuk mengetahui sejauh mana kinerja pemerintah Desa sebagai pemerintah rill tingkat bawah yang berhadapan lansung dengan berbagai persoalan yang ada dimasyarakat.

Beberapa hal yang ingin dicapai dalam lomba desa ini antara lain, Sejauh mana kinerja pemerintah desa melaksanakan dan menindak lanjuti kebijakan-kebijakan pemerintah pusat, propinsi dan kabupaten, bagaimana  inovasi dan kreatifitas  desa, ajang untuk memotivasi dan menyemangati pemerintah tingkat bawah yang sehari-hari menghadapi kompleksitas persoalan yang ada dimasyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Tim Penilai lomba Desa tingkat Kabupaten Sinjai, Drs.H. Andi Talha saat melakukan penilaian lomba desa di Desa Duampanuae Kecamatan Bulupoddo.

Ia mengungkapkan bahwa dengan lomba desa ini diharapkan kepada masyarakat dan pemerintah desa sebagai pemerintah tingkat bawah yang berhadapan langsung dengan masyarakat untuk tetap konsisten mempertahankan kegiatan atau rutinitas seperti saat lomba Desa ini.

"Dalam Lomba Desa ini berbagai indikator penilaian diisi, maka seperti tulah dalam rutinitas kegiatan pemerintah desa. Aktif mengetahui persoalan yang ada dimasyarakat, tertib dalam administarsi desa dan konsisten dalam melayani masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Anggota DPRD Sinjai, Mappahakkang menilai bahwa lomba Desa bukan sekedar kegiatan seremonial untuk mencapai atau mendapatkan juara semata namun ia berharap dengan lomba desa ini masyarakat dapat membangun kerjasama yang baik dengan aparat desa.

Selain itu, Mappahakkang berharap kepada desa yang ikut dalam lomba ini agar dapat menjadi contoh bagi desa lain sehingga pembangunan di desa baik yang sifatnya fisik maupun non fisik dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa setempat. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates