Trending

Pemkab Didesak Hapus BPJS

MC-SINJAI, Terkait kekisruan penerapan BPJS di Kabupaten Sinjai yang saat ini ramai diperdebatkan melalui media sosial maupun media cetak dan online, Pemkab Sinjai melakukan rapat Koordinasi Kemiskinan di Ruang Kerja Wakil Bupati Sinjai, Rabu (8/6).

Pimpinan LBH Sinjai, Ahmad Marsuki yang hadir dalam rapat tersebut mendesak Pemkab Sinjai untuk menghentikan kerjasama dengan BPJS sebab selain memberatkan iuran premi yang harus dibayar, juga menguras anggaran APBD yang dialokasikan untuk menanggung peserta PBI.

Dia menambahkan bahwa penerima PBI yang ditanggung oleh Pemerintah pusat maupun pemkab Sinjai dinilai banyak yang salah sasaran.

"Sejak berlakunya BPJS di Sinjai, warga miskin semakin bertambah hingga 52 persen dari total jumlah pendudk Sinjai karena pendataan yang dilakukan oleh pemerintah desa tidak akurat, sehingga banyak warga yang berlomba-lomba mendaftar sebagai penerima PBI, jelasnya.

Untuk itu ia mengharapkan agar Pemkab Sinjai untuk meberlakukan kembali program jamkesda yang mencakup seluruh warga sehingga visi misi bupati Sinjai terlaksanakan.

Menanggapi hal tersebut, Sekertaris Daerah Sinjai H. Taiyeb A. Mappasere menjelaskan bahwa secara pribadi ia mendukung langkah penghapusan BPJS, namun secara institusi yang didalamnya ada aturan yang mengikat, pihaknya tidak bisa berbuat banyak.

"Secara pribadi saja setuju penghapusan BPJS tapi karena saya seorang aparatur yang harus taat aturan jadi mau tidak mau kita tunduk aturan yang dibuat oleh pemerintah pusat," jelasnya.

Wakil Bupati Sinjai A. Fajar Yanwar yang juga selaku ketua Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan  (TNP2K) Sinjai tidak memungkiri bertambahnya warga miskin sejak diberlakukannya BPJS, untuk itu perlu adanya kesepakatan bersama baik dari pemerintah maupun dari legislatif  untuk menghapus program BPJS dengan mempertimbangkan aturan yang ada sehingga tidak ada konsekuensi hukum.

Rapat ini dihadiri oleh Ketua DPRD Sinjai bersama Komisi I, Kepala Bagian Operasional BPJS Sinjai, sejumlah aparat Pemkab Sinjai dan beberapa perwakilan LSM yang ada di Sinjai. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates