Trending

Seluruh Sekolah di Sinjai Gelar Pesantren Ramadhan

MC-SINJAI, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Sinjai mulai hari ini, senin (13/6)  mengadakan pesantren Ramadhan selama sepekan untuk seluruh siswa di Sinjai mulai tingkat TK hingga SMA/sederajat sebagai sarana pembinaan mental generasi muda.

Kepala Disdikpora Sinjai Dra.Hj. Mas Ati saat ditemui di Ruang kerjanya mengatakan, pesantren Ramadhan ini dilaksanakan secara serentak dengan diikuti seluruh siswa beragama Islam, baik mulai tingkat TK/PAUD hingga SMA sederajat.

"Pelaksanaannya di sekolah masing-masing dan  bagaimana teknisnya kami serahkan kepada satuan pendidikan masing-masing," katanya.

Mas Ati mengatakan, pesantren Ramadhan merupakan agenda rutin setiap bulan Puasa dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat. Menurutnya, pesantren Ramadhan merupakan salah satu program pembinaan mental siswa selain menguasai ilmu pengetahuan umum.

"Siraman rohani yang diberikan selama pesantren Ramadhan diharapkan menjadi pondasi bagi generasi muda agar menjadi insan berguna bagi bangsa dan negara bila ia dewasa," katanya.

Materi pesantren Ramadhan, menurut dia ditekankan pada pembinaan mental dan spiritual seperti pengetahuan tentang ibadah, etika, akidah dan akhlak. 

Namun ia menghimbau kepada satuan pendidikan agar tidak hanya menggunakan metode ceramah melainkan dengan melalui simulasi atau praktek langsung sehingga pemahaman siswa akan  terarah.

Untuk itu Para siswa diharapkan dapat mengikuti pesantren Ramadhan karena tidak hanya menambah ilmu agama untuk diamalkan, tetapi bernilai ibadah di bulan suci Ramadhan ini. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates