Trending

Biologi dan Sosiologi Jadi Mata Pelajaran Pilihan Favorit Siswa UN di SMAN 1 Sinjai

MC-SINJAI, Sama dengan pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun lalu, siswa tingkat SMA/sederajat bisa memilih satu dari tiga mata pelajaran yang identik dengan jurusannya.

Siswa program studi IPA bisa memilih antara biologi, kimia, atau fisika. Sedangkan siswa program studi IPS dapat memilih antara sosiologi, ekonomi, atau geografi.

Kepala SMAN 1 Sinjai Drs. A. Arifuddin saat ditemui Senin (8/4/19) mengungkapkan bahwa selain ada mata pelajaran wajib yakni bahasa Indonesia, matematika dan bahasa Inggris, juga ada mata pelajaran pilihan sesuai jurusannya masing-masing yang diujian nasionalkan pada ini Senin tanggal 8 April 2019.

Khusus di SMAN 1 Sinjai siswa-siswi  cenderung memilih biologi untuk kelompok IPA, dan sosiologi di kelompok IPS. Menurut dia, siswa diberi kebebasan memilih sehingga sekolah tidak berhak membatasi.

“Dari 209 siswa IPA, 140 orang memilih biologi, yang memilih fisika ada  20 siswa dan kimia 49 siswa. Sedangkan siswa IPS total ada 102 orang. Dari jumlah itu, 89 siswa memilih sosiologi, 9 siswa memilih ekonomi, dan 4 siswa lainnya memilih geografi,” urainya.

Arifuddin mengaku, tak mengetahui alasan persis siswa memilih biologi dan sosiologi. Diduga, pelajaran biologi dinilai siswa lebih logis. Sedangkan untuk sosiologi dipilih lantaran cenderung hafalan, tidak ada hitungan.

Secara umum Pelaksanaan Ujian nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA yang berakhir hari ini berjalan lancar dan aman. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates