Trending

Disnak Sinjai Sebar Petugas Kesehatan Hewan di Tiap Kecamatan

Kadisnak & keswan Sinjai
drh.H. Aminuddin Zainuddin
MC-SINJAI, Menjelang Hari raya Idul Adha 1439 H, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sinjai mengerahkan sejumlah petugas untuk memeriksa kesehatan hewan kurban.

Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Sinjai, drh. H. Aminuddin Zainuddin saat ditemui Senin (20/8/18) mengatakan bahwa pihaknya telah membentuk tim yang akan disebar di masing-masing Kecamatan untuk memantau dan memeriksa kesehatan hewan kurban di wilayahnya masing-masing.

"Kita sudah buatkan tim, jadi bukan hanya hewan diperiksa di RPH tapi ada tim khusus kita sebar di kecamatan hingga di desa sehingga pada hari H sebelum dipotong kita periksa terlebih dahulu," katanya.

Dikatakannya bahwa hewan kurban wajib diperiksa kesehatannya demi menjamin kualitas daging hewan kurban yang aman, sehat, utuh dan halal. 

Adapun syaratnya yakni harus jantan, sehat, tidak kurus. Untuk sapi umur minimal 2 tahun sedangkan kambing minimal 1 tahun.

Populasi sapi di Sinjai saat ini mencapai 100 ribu ekor sehingga persediaan untuk kurban sangat mencukupi.

Bahkan Sinjai menjadi pemasok sapi untuk daerah Makassar, Kalimantan dan daerah lainnya.

"Satu bulan terakhir ini kita kirim sapi ke Makassar dan Kalimantan sekitar 1000 ekor untuk kebutuhan idul kurban," jelasnya. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates