Trending

Atasi Stunting, Kader Posyandu Diminta Proaktif

MC-SINJAI, Kelompok Kerja (Pokja) IV Tim Penggerak PKK Kabupaten Sinjai menggelar Bimbingan Teknis Kader Posyandu yang berlangsung di Aula Kantor Camat Sinjai Utara (22/3/19).

Kegiatan ini dibuka oleh Pelaksana Tugas Camat Sinjai Utara A. Jefriyanto Asapa dan dihadiri oleh Ketua TP. PKK Sinjai Hj. A. Nurhilda Daramata Seto dan para pengurus PKK Kecamatan Sinjai Utara.

Andi Jefriyanto Asapa dalam sambutannya menyampaikan bahwa jumlah kader Posyandu di Kecamatan Sinjai Utara sebanyak 175 orang yang tersebar di aeluruh Poayandu pada masing-masing kelurahan.

Dalam menjalankan fungsinya,  Kader Posyandu dibantu oleh tenaga Keaehatan dari Puskesmas Balangnipa dalam memverikan pelayanan di bidang kesehatan.

"Dengan adanya  home visit dan home care,  kader posyandu dibantu oleh bidan,  perawat,  promkes dan tenaga kesling yang ditempatkan dimasing-masing lingkungan," katanya.

Sementara itu,  Ketua TP. PKK Sinjai Hj. A. Nurhilda Daramata Seto menyampaikan bahwa kader Posyandu merupakan penghubung antara Pemeribtah denfan masyarakat sehingga peran Lader Poayandu sangat dibutuhkan dalam mebibgkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Salah satu yang menjadi permasalahan kesehatan di Sinjai kata Istri Bupati ini adalah stunting atau kerdil yang menyebabkan gangguan pertumbuhan fisik dan pertumbuhan otak pada anak.

Berdasarkan Data yang ada,  Sinjai berada di Peringkat kedua terbanyak dalam kasus stunting sehingga untuk mengatasi permasalahan ini kader Postandu diminta proaktif.

"saya harap kader posyandu untuk mengajak ibu-ibu yang memiliki anak yang baru lahir atau bayi datang ke Posyandu untuk rutin memeriksa kesehatannya," katanya.

Hal ini menurutnya penting sebab pada usia kelahiran hingga balita kurangnya nutrisi anak merupakan salah satu penyebab stunting, ini sangat perlu untuk mewujudkan generasi penerus yang mampu bersaing. (AaNd) 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates