Trending

SDN 4 Balangnipa Galakkan Program Tahfidz Al Qur'an

Kepala SDN 4 Balangnipa Drs. Abd. Asis
MC-SINJAI, Untuk mengembalikan dan menghidupkan kembali daerah Sinjai yang dikenal dengan Bumi Panrita Kitta, Sekolah Dasar (SD)  Negeri 4 Balangnipa Sinjai memiliki program khusus yakni program Tahfidz Qur'an. 

Program ini membimbing murid untuk menghafal Al Qur'an khususnya juz 30 dan telah diterapkan sejak beberapa tahun terakhir ini yang diprakarsai oleh Kepala SDN 4 Balangnipa Sinjai Drs. Abd. Asis. 

Saat ditemui di Ruang kerjanya, Rabu (6/3/19), Abd. Asis mengatakan bahwa ide ini lahir tidak lain untuk menciptakan generasi muda yang cinta dan hafal Al Qur'an sehingga dapat mencetak hafidz-hafidz muda. 

"Tidak bisa dipungkiri Imam di Masjid-masjid yang ada di Sinjai rata-rata sudah tidak muda lagi dan suaranya kurang merdu,  sehingga kedepan kita harapkan anak-anak kita bisa menjadi imam saat shalat berjamaah di Masjid, "ungkapnya. 

Membimbing murid untuk bisa menghafal Quran, diakui dia, memang tidak mudah. Namun, jika dilakukan bimbingan yang rutin dan dengan metode yang tepat, bukanlah hal yang sulit. Terlebih sekolah ini sudah menerapkan bimbingan menghafal Al Qur'an sejak siswa duduk di bangku kelas I SD.

"Karena kita yakin, daya tangkap dan daya ingat anak itu sangat kuat. Makanya, kita isi memori ingatan mereka dengan ayat-ayat Al-Quran," ungkapnya.

Meski demikian,  menghafal Al Qur'an Juz 30 bukan menjadi syarat utama murid agar bisa lulus disekolah yang beralamat di jalan HOS Cokroaminoto ini, tetapi hal itu merupakan nilai tambah bagi murid itu sendiri. 

"Sekolah kami sama dengan sekolah lainnya, tapi yang menjadi pembeda kita memiliki program unggulan yaitu, murid diajarkan mengaji dan dibimbing untuk menghafal Quran, khususnya Juz 30. Jadi setiap mau memulai pelajaran mereka menghafal Qur'an dulu. Alhamdulillah beberapa lulusan dari sekolah ini berhasil menghafal juz 30," kata Abd. Asis. 

Program ini sejalan dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Sinjai di bidang keagamaan, yakni mencetak
penghafal Al Quran. (AaNd) 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates