Trending

Tahun 2011-2018 152 Penderita HIV/AIDS di Sinjai, 40 Diantaranya Meninggal

MC-SINJAI, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, dr. A Suryanto Asapa menyampaikan data terkait jumlah kasus dan penderita HIV dan AIDS yang ada di Sinjai.

Saat ditemui di Ruang Kerja Wakil Bupati Sinjai, Jumat (15/3/19) , dr. A. Suryanto menyebutkan penderita AIDS di Kabupaten Sinjai dari tahun 2011-2018 sebanyak 152 penderita. 

Dari jumlah tersebut, 40 orang diantaranya telah meninggal dunia dan 52 orang dalam tahap pengobatan. Adapun faktor penyebabnya yakni pelanggan pekerja seks, lelaki seks lelaki,  waria dan pasangan resiko tinggi. 

Untuk menangani hal tersebut, Dinas Kesehatan Sinjai telah melakukan berbagai upaya seperti meningkatkan jumlah orang yang dites (skrining)terutama populasi kunci (waria , pelanggan seks,  LSL, lelaki seks lelaki).

"Pada tahun 2018 lalu dari total populasi kunci 418 orang yang dites, 28 orang diantaranya positif HIV,  jumlah ini sama pada tahun 2017 lalu, " katanya. 

Upaya lain yang telah dilakukan yakni peningkatan koordinasi dengan kader dalam penjangkauan pada populasi kunci serta memperluas layanan testing HIV ke Bidan praktek swasta dan Klinik swasta.

Andi Suyanto berharap penemuan secara dini dapat dilakukan melalui dukungan dari semua kalangan terutama dukungan dari keluarga terhadap penderita sehingga pengobatan bisa tuntas dan masyarakat tidak mengucilkan penderita HIV AIDS.

Di awal tahun 2019, hingga di bulan Maret ini, Dinas Kesehatan mencatat ada 6 kasus penderita HIV/AIDS di Sinjai. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates