Trending

Hasil "PAMER SEHAT", Hanya 32,18% Aparat Yang Sehat

MC-SINJAI, Dinas Kesehatan Sinjai menggelar rapat evaluasi PAMER SEHAT” (Aparatur Pemerintah Sehat), bertempat di Aula Dinkes Sinjai, Kamis (3/8).

Kegiatan ini merupakan evaluasi dari kegiatan yang telah dilakukan selama  lima pekan yaitu pemeriksaan kesehatan secara berkala bagi Aparatur baik yang berada dalam lingkup OPD maupun FORKOPIMDA, Serta merupakan inovasi kegiatan lanjutan proyek perubahan LATPIM II yang diikutinya oleh Kepala Dinas Kesehatan  Kabupaten Sinjai dr. Andi Suryanto Asapa.

"Ini juga sebagai pelaporan kepada Bapak Sekretaris Daerah Sinjai sebagai Mentor maupun sebagai pemerintah daerah, demikian juga penyampaian ke  BPJS Kesehatan cabang Bone, dan Lintas Sektor yang terkait dalam Forum Kemitraan dan Komunikasi," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dr. Andi Suryanto Asapa yang akrab disapa dr.Dedeth.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan kepada 650 pengunjung (Orang), Jumlah staf/karyawan yang diperiksa di 11 (Sebelas) FORKOPIMDA dan OPD, serta dari kunjungan (Jenis Pelayanan) ASN sebanyak 1084, sebanyak 742. orang atau 68,45% mengalami tidak sehat dan 342 orang  atau 31,55% adalah Sehat.

Sementara kunjungan pasien Non ASN sebanyak 532, dari jumlah tersebut 354 pasien  atau 66,54% tidak Sehat, dan 178 pasien atau 33,46% dikategorikan sehat.

"Jadi jumlah total ASN dan Non ASN yang sehat hanya 32,18% dan yang tidak sehat sebanyak 67,82% dari jumlah kunjungan selama dalam kegiatan," paparnya.

Sementara itu Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Sinjai Akhriani, SKM, M.Kes, yang sekaligus sebagai Ketua TIM PAMER SEHAT mengatakan, Rencana tindak lanjut dari kegiatan pamer sehat ini adalah pembentukan POSBINDU PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) pada 36 instansi baik FORKOPIMDA maupun OPD.

"Jadwal pemeriksaan yang diharapkan berkelanjutan selama sekali dalam sebulan serta didampingi oleh petugas kesehatan dari 4 (Empat) Puskesmas yaitu Puskesmas Balangnipa, Samataring, Panaikang dan Kampala," katanya.

Ditempat terpisah Humas Dinkes Sinjai Syamsul Ahmad mengatakan bahwa Inovasi PAMER SEHAT 2017 adalah langkah cemerlang dan adaptif yang telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan sebagai upaya pelayanan kesehatan dasar yang langsung diberikan ditempat kerja.

"Tidak ada alasan lagi bagi Aparatur untuk tidak memeriksakan kesehatannya, sebab disadari selama ini banyak aparat pemerintah disibukkan dengan berbagai tugas di kantor, dan tidak menyadari bahwa dirinya berada dalam resiko tinggi akibat disibukkan berbagai aktifitas dan lebih dominan duduk serta berhadapan dengan komputer  yang rentan mengalami stres sehingga mengancam kesehatannya akibat penyakit yang tidak menular," Ujar Syamsul. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates