Trending

KABUPATEN SINJAI PERINGATI HARI HUTAN INTERNASIONAL

MC-SINJAI.Pemerintah Kabupaten Sinjai memperingati Hari Hutan Internasional yang dirangkaikan dengan Pencanangan Penanaman Pohon Indonesia serta Peresmian Kantor UPTD TAHURA Sinjai yang berlangsung di Taman Hutan Rakyat Abdul Latif Kecamatan Sinjai Borong, Senin (27/4).

Bupati Sinjai, H.Sabirin Yahya,S.Sos dalam sambutannya pada acara tersebut menyampaikan bahwa topografi Sinjai yang unik menjadikan sebagian besar kondisi tanah di Sinjai rawan akan bahaya erosi, banjir dan tanah longsor. Pemanfaatan Sumber Daya Alam baik hutan, tambang atau penggalian kekayaan bumi lainnya harus diselenggarakan secara hati-hati dan bijaksana yang berwawasan lingkungan, agar tanah tidak menjadi rusak tanpa penutup vegetasi yang menjadi sarana perlindungannya.

“Pemanfaatan lahan untuk budidaya pertanian, terutama pertanian lahan kering di daerah hulu juga harus dilaksanakan dengan penuh perhitungan mengingat bahwa hampir seluruh wilayah Indonesia ini merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS dan daerah resapan yang penting.Apabila hulu DAS mengalami kerusakan akan memicu terjadinya banjir, erosi dan longsor.

Akibat banjir bandang 2006 lalu, hutan di Sinjai mengalami kerusakan.Guna mengatasi masalah tersebut Pemda melalui instansi terkait telah meluncurkan berbagai program untuk perbaikan lingkungan diantaranya melalui program penanaman pohon. Bupati menjelaskan bahwa penanaman pohon dalam kurun waktu satu tahun ini telah disiapkan dan direalisasikan.Ia mengharapkan pula bagi instansi terkait, kalangan pendidikan, TNI, POLRI dan swasta ikut serta mendukung kegiatan ini.

Keikutsertaan semua pihak dalam kegiatan penanaman pohon ini dapat dikatakan bahwa dalam pembangunan daerah tidak ada program yang primadona, karena pada dasarnya di dalam pembangunan daerah itu terdapat keterkaitan antara sektor dan semua sektor harus saling mendukung demi tercapainya tujuan pembangunan daerah. Setelah menyampaikan sambutannya, Bupati dan Wakil Bupati serta anggota FORKOPIMDA dan undangan lainnya serentak melakukan penanaman pohon di Taman Hutan Rakyat Sinjai Borong dan dilanjutkan dengan peresmian kantor UPTD TAHURA Sinjai(Zakaria Ridwan)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates