Trending

YPN Sosialisasi Bank Sampah di Sinjai

MC-SINJAI.Sebagai sebuah sistem, keberadaan Bank sampah di beberapa kota-kota besar seperti Makassar sangat ampuh dalam menekan jumlah produksi sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir atau TPA. Selain itu, Bank sampah bisa menambah penghasilan masyarakat karena mereka menabung laiknya yang dilakukan pada bank konvensional. Penerapan Bank sampah pun dapat dilakukan pada lingkungan sekolah.

Pernyataan ini disampaikan Ketua Yayasan Peduli Negeri (YPN), Saharuddin Ridwan, saat memberikan materi pada acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Adiwiyata di Aula SMPN 2 Sinjai Utara, Kamis (16/4/2015). Bank sampah pada tingkatan sekolah selama ini menurutnya dibuat hanya untuk memenuhi syarat mengikuti lomba Adiwiyata atau Adipura. Padahal kata Sahar, sapaan akrabnya, keberadaan Bank sampah akan membantu siswa meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola lingkungan sekolah.

"Tidak masalah bank sampah itu dibuat untuk kepentingan lomba, karena lomba bisa memicu motivasi kita untuk berbuat yang terbaik. Namun secara umum kami berharap keberadaan bank sampah dan bentuk kreativitas lainnya di sekolah dijadikan sebagai media untuk mengubah pola pikir warga sekolah dalam mengelola lingkungan" harapnya.

Bimtek yang berlangsung sehari ini dibuka Asisten Tata Praja Setdakab Sinjai, A. Halilintar. Kepada seluruh peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan guru-guru se-Kabupaten Sinjai ini, Halilintar meminta menyeriusi program Adiwiyata sebagai program yang bertujuan baik. Pada kegiatan ini hadir pula pemateri dari Badan Lingkungan Hidup (BLHD) Provinsi Sulawesi Selatan, serta fasilitator YPN Sinjai, Zainal Abidin(Zakaria Ridwan)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates