Trending

Beragam Persoalan di Balik Eksotiknya Pulau Sembilan

Pulau Larea-rea yang merupakan Obyek wisata yan ramai dikunjungi Wisatawan
MC-SINJAI, Kecamatan Pulau Sembilan, bak sepotong surga bahari yang diturunkan bagi para pecinta panorama laut di Tanah Air.

Letaknya yang tak jauh dari daratan Sinjai membuat Pulau Sembilan menjadi sorotan para pelancong untuk singgah dan menikmati suasana yang indah.

Namun sayangnya, panorama surga bahari yang dimiliki Pulau Sembilan menyimpan berbagai permasalahan klasik.

Sampah

Bukan hanya di Pulau Sembilan saja, sebenarnya permasalahan sampah juga menjadi permasalahan klasik yang dialami banyak daerah di Tanah Air, bahkan di negara-negara lain. Namun, permasalahan sampah di Pulau Sembilan tentu menjadi persoalan krusial karena akan mengurangi persentase kecantikan yang dimiliki pulau-pulau potensial itu.

Di Pulau Kambuno Kecamatan Pulau Sembilan misalnya sampah organik dan anorganik tampak dibiarkan berserakan di tepi laut.

Tumpukan sampah ini lambat laun juga akan berdampak negatif, baik bagi lingkungan maupun bagi kesehatan masyarakat.

Sampah masih menjadi persoalan utama bagi warga pulau
Pendidikan

Masalah pendidikan juga menjadi persoalan yang tengah dialami warga di Pulau Sembilan. Terkadang guru tidak masuk mengajar disebabkan karena sebagian guru yang mengabdi  berasal dari kecamatan lain, belum lagi tidak tersedianya perumahan guru yang memadai.

“Terkadang ada guru yang datang mengajar dua atau tiga kali saja dalam seminggu apalagi jika cuaca ekstrim, disisi lain jumlah guru terbatas” kata salah seorang Kepala Sekolah di Pulau tersebut.

3 Masalah Vital

Persoalan yang tiap tahun menjadi keluhan masyarakat setempat adalah listrik, persoalan air bersih dan tambatan perahu (pelabuhan).

Dalam setiap pelaksanaan Musrenbang bisa dipastikan ketiga masalah ini selalu menjadi usulan prioritas setiap desa yang ada di Pulau Sembilan.

Ditengah anggaran yang terbatas Pemerintah Kabupaten Sinjai tiap tahun mengalokasikan dana untuk mengatasi masalah tersebut secara bertahap.
Puskesmas Wisata Pulau Sembilan yang terlihat eksotik menambah daya tarik warga berkunjung ke Pulau IX

Kesehatan

Masalah krusial lain yang dihadapi oleh warga Pulau Sembilan adalah masalah kesehatan. Meski Pulau ini telah memiliki Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Wisata yang eksotik namun tidak jarang ada warga mengeluh akibat pelayanan kesehatan yang tidak maksimal akibat keterbatasan tenaga medis. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates