Trending

Perumahan Guru Kendala Utama Bidang Pendidikan di Kecamatan Pulau IX

MC-SINJAI, Pendidikan merupakan kebutuhan dasar yang harus menjadi perhatian pemerintah dalam rangka melahirkan generasi muda yang handal untuk kelanjutan pembangunan.

Seperti halnya di Kabupaten Sinjai, tepatnya di Kecamatan Pulau IX, pembangunan di bidang pendidikan masih menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh masyarakat setempat sehingga ada beberapa usulan yang disampaikan mulai dari pembangunan dan rehabilitasi perumahan guru, penambahan ruang kelas, pembuatan pagar sekolah dan beberapa usulan lainnya.

Hal ini yang disampaikan oleh para peserta Musrenbang tingkat Kecamatan di Aula Kantor Camat Pulau IX, senin (12/2/18). Namun ironisnya tak satu pun perwakilan dari Dinas Pendidikan Sinjai yang hadir.

Kepala SMP Satap Kanalo I, Hastuti mengaku kecewa dengan ketidakhadiran dari Dinas Pendidikan Sinjai. Menueutnya beberapa kendala permasalahan di bidang pendidikan masih dirasakan oleh warga setempat.

Ia mencontohkan perlu adanya perumahan guru di SMP Satu Atap (satap) hali ini dikarenakan dominan guru yang mengajar di sekolah ini dominan berasal dari kecamatan lain.

"Ini kebutuhan mendesak bagi sekolah kami, apalagi sebagian besar masih berstatus non PNS yang tinggal di Kecamatan lain," ungkapnya.

Menurutnya, pihaknya pernah menyiapkan rumah untuk dijadikan tempat tinggal untuk para guru namun karena adanya bencana angin puting beliung yang mengakibatkan rumah tersebut mengalami kerusakan.

Hal senada diungkapkan oleh Salah Seorang Pengawas Sekolah, Hj. Miswan, menurutnya  kendala yang dihadapi saat ini adalah sulitnya menghadirkan guru untuk betah dan tinggal di Pulau IX.

"Jika ada guru yang tidak datang mengajar selain terkendala biaya transportasi juga  dikarenakan tidak adanya perumahan guru yang memadai sehingga guru tidak betah tinggal di Pulau IX," ungkapnya.

Olehnya itu ia juga mengusulkan perlu adanya alat transportasi khusus untuk tenaga pendidik.

Program lain yang diusulkan yakni perlu adanya pelatihan tenaga perpustakaan untuk seluruh pustakawan sekolah yang ada di Kecamatan Pulau IX.

Aggota DPRD Sinjai Dapil I, Dr. Hj. A. Fitrawati A. Fajar membenarkan hal tersebut, menurutnya perumahan guru menjadi skala prioritas yang harus direalisasikan oleh Pemkab Sinjai. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates