Trending

PERDAMI-RSUD Sinjai Operasi Katarak Gratis

MC-SINJAI, Perhimpunan Dokter Spesialis Mata (PERDAMI) bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sinjai (RSUD Sinjai) melaksanakan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis di RSUD Sinjai pada tanggal 09-10 September 2018.

Dari 73 pasien yang mengikuti proses screening hanya 19 pasien yang dinyatakan lolos untuk mendapatkan pelayanan Operasi Katarak gratis.

Adapun kriterianya yakni pasien yang didiagnosa Katarak dan  pasien  yang memiliki tekanan darah serta gula darah (GDS) normal. 

Selain itu, ada penambahan 19 pasien BPJS dari poli yang belum mendapatkan jadwal Operasi sebelumnya sehingga total pasien yang mengikuti Bakti Sosial  Operasi katarak gratis berjumlah 38 pasien.   

dr. Rosmiaty Zainal Abidin, Sp.M dari PERDAMI menjelaskan dengan adanya pembatasan dari pihak BPJS atau jumlah operasi katarak yang dapat dilaksanakan di RSUD Sinjai maka kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak  ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Sinjai dan sangat membantu dalam mengurangi risiko kebutaan akibat penyakit katarak.

"Pelaksanaan Operasi katarak gratis dilaksanakan selama 2 hari. Hari pertama kemarin 28 pasien telah ditindaki dan 8 pasien ditindaki hari ini (senin), sedangkan 2 lainnya batal karena gula darahnya tidak normal" katanya.

Pelaksanaan Baksos Operasi Katarak Gratis bertujuan untuk menurunkan Backlog katarak di Indonesia atau dengan kata lain untuk memberantas kebutaan di Indonesia. 

Tim dari PERDAMI yang turun melakukan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis diketuai oleh dr. A. M. Ichsan. P. Hd., Sp.M (K) dan beranggotakan 12 orang, terdiri dari dokter spesialis 5 orang, Residen 4 orang, perawat 1 orang dan Teknisi 2 orang. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates