Trending

150 Proyek Pertanian dan Ratusan Bantuan Alsintan, Bukti Nyata Pemkab Sinjai Menuju Ketahanan Pangan

Bantuan Handtraktor Yang Diserahkan Oleh Bupati Sinjai Kepada Kelompok Tani, Sabtu (30/12) di Halaman Kantor Gabungan Pemkab Sinjai
MC-SINJAI, Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu aspek penting dan vital untuk mempercepat proses pembangunan suatu daerah. 

Infrastruktur juga memegang peranan penting sebagai salah satu roda penggerak pertumbuhan ekonomi. Ini mengingat gerak laju dan pertumbuhan ekonomi suatu daerah tidak dapat dipisahkan dari ketersediaan infrastruktur.

Kabupaten Sinjai yang sebagian besar masyarakatnya bergerak di sektor pertanian, membuat pemerintah Kabupaten Sinjai telah fokus menyelesaikan berbagai proyek infrastruktur pertanian.

Kepala Dinas  Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sinjai Dra.Hj. Marwatiah dalam acara penyerahan sejumlah bantuan alsintan kepada kelompok tani, Sabtu (30/12) mengatakan bahwa sepanjang tahun 2017 ini, ada sebanyak 150 unit kegiatan infrastruktur pertanian yang telah dilaksanakan di delapan kecamatan di Sinjai.

Proyek tersebut diantaranya pembangunan embung sebanyak  68 unit, long storage  15 unit,  pembangunan parit sebanyak 20 unit dan jalan usaha tani 47 unit.

Selain itu kata Marwah, selama tahun 2017 ini Pemerintah Daerah juga telah menyalurkan bantuan alat mesin pertanian yang terdiri dari handtraktor roda dua sebanyak 167 unit, handraktor roda empat 8 unit, pompa air sebanyak 101 unit, transplanter (alat tanam) 9 unit,  cultivator mesin bajak mini 21 unit dan mesin penggilingan padi sebanyak 5 unit.

"Semua bantuan itu bersumber dari dana APBN reguler, APBN tugas pembantuan, APBD Propinsi Sulsel dan APBD Kabupaten Sinjai," urainya.

Meski demikian, bantuan alsintan tersebut belum mencukupi kebutuhan para petani khususnya mesin handtraktor. Dimana kebutuhan saat ini sekitar 2.266 unit sedangkan yang tersedia saat ini berjumlah 1.006 unit atau masih ada kekurangan 1.260 unit.

Sementara itu Bupati Sinjai.H. Sabirin Yahya mengatakan bahwa program kegiatan maupun bantuan tersebut untuk meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian yang pada akhirnya juga akan meningkatkan kesejahteraan para petani.

"Masih banyak yang perlu kita benahi, Kita tetap berupaya untuk terus membantu peralatan pertanian yang dibutuhkan oleh petani kita, "katanya usai menyerahkan bantuan alsintan kepada kelompok tani di Halaman Kantor Gabungan Pemkab Sinjai. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates