Trending

Ini Alasan Kemensos Salurkan PKH Dalam Bentuk Non-Tunai

MC-SINJAI, Direktur Penanganan Fakir Miskin Pesisir Kemensos, Dr. Hayat M.Si didampingi Anggota DPR RI  Drs.H. Samsu Niang dan  Bupati Sinjai menyalurkan Bantuan Sosial Nontunai Program Keluarga Harapan tahun 2017 untuk Kabupaten Sinjai, Jumat (22/12).

Pada penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) Nontunai tahun 2017 berlangsung di Halaman Pendopo Rumah Jabatan Sinjai. Jumlah penerima sebanyak 350 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari total 4.469 KPM yang ada di Kabupaten Sinjai.

Dr. Hayat menjelaskan bahwa Kemensos  secara langsung turun menyalurkan bantuan ini untuk melihat secara langsung apakah layak atau tidak penerima PKH serta ingin melihat proses penerimaan bantuan sejak diberlakukan secara non tunai.

Hayat mengungkapkan, penyaluran bantuan sosial nontunai ini menggunakan sistem kartu yang memiliki multifungsi, yaitu sebagai "e-wallet" yang dapat menyimpan data penyaluran PKH serta berfungsi sebagai kartu tabungan.

Dalam menerapkan kebijakan itu, Kemensos merangkul Himpunan Bank Negara (Himbara) yaitu Bank Nasional Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri dan BTN.

Ia menyebutkan, alasan pihaknya menyalurkan secara non tunai adalah untuk mengedukasi penerima PKH untuk terbiasa menabung. Diharapkan penerima PKH bisa menyimpan sisa bantuan yang diberikan dan tersimpan di dalam rekening.

"Jika sebelumnya dilakukan secara tunai maka ada indikasi terjadinya pemotongan dilapangan, sehingga dengan secara non tunai tidak ada lagi, selain itu mereka sudah memulai belajar menabung," ujar Dr. Hayat. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates