Trending

Masalah Sampah di Pulau, Ini Yang Akan Dilakukan Disparbud Sinjai

Salah Satu Spot Wisata Yang ada di Pulau
Kanalo II Kecamatan Pulau IX
MC-SINJAI, Sampah masih menjadi persoalan utama di hampir semua Pulau di Kecamatan Pulau Sembilan. Permasalahan sampah di pulau tentu berbeda dengan permasalahan sampah di daratan luas.

Keterbatasan lahan merupakan hal utama yang paling kentara, sehingga kecenderungan luasnya lautan menjadi alternatif terburuk dilakukan masyarakat.  Sampah, kerap menjadi akar permasalahan buruknya sanitasi lingkungan di pulau kecil.

Kecenderungan masyarakat pulau kecil yang membiarkan sampah organik terpapar di wilayahnya menyebabkan bau busuk yang menyengat. Padahal, pulau kecil merupakan salah satu potensi wisata bahari yang cukup menjanjikan bilamana dikelola secara baik. 

Menyikapi hal tersebut, Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, Andi Mandasini Saleh, Jumat (29/12) membenarkan hal tersebut.  menurutnya persoalan sampah menjadi tanggung jawab semua warga Pulau demi menjaga lingkungan dan ekosistem laut.

"Dalam rangka menjaga lingkungan dan ekosistem pulau dari sampah, Insya Allah pada bulan Januari mendatang kami akan melakukan Kegiatan Gerakan Bersih Pulau di Kecamatan Pulau Sembilan dengan melibatkan adik-adik Mapala Tomanurung," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini tidak hanya gerakan bersih Pulau semata namun ada kegiatan lain yaitu edukasi pengolahan sampah dan pembentukan kelompok peduli sampah.

Diharapkan dengan upaya ini akan menciptakan wilayah pulau yang bersih, dan indah. Selain itu jika kondisi bersih tentu akan membuat wisatawan yang berkunjung menjadi nyaman dan betah berada di Pulau Sembilan. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates