Trending

Dinkes Sinjai Gelar Monev Kesehatan Jiwa

MC-SINJAI, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dr. A. Suryanto Asapa membuka Rapat Monitoring dan Evaluasi Program Kesehatan Jiwa di Aula Dinas Kesehatan Sinjai,  Senin (22/7/19).

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2 PTM) dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Sinjai, Sitti Fatimah mengatakan bahwa rapat ini untuk bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap program kesehatan jiwa pada seluruh Puskesmas untuk periode bulan Januari hingga juni 2019.

Berdasarakan data, penemuan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berat dari periode januari hingga juni untuk 16 puskesmas sebanyak 291 orang dari target 557 orang atau hanya mencapai 52,2 persen. 

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. A. Suryanto Asapa menuturkan bahwa penyakit gangguan jiwa akan semakin berkembang di Sinjai sebab kasus lama yang sudah ditangani di Rumah Sakit jiwa akan dikembalikan ke orang tua masing-masing sehinnga hal ini menjadi tanggung jawab puskesmas. 

"Jadi ini memang berat karena menyangkut rehabilitasinya setelah melakukan pengobatan di Rumah sakit Jiwa, " katannya. 

Lebih lanjut dikatakan,  Berdasarkan data yang ada penemuan kasus gangguan jiwa ini diluar dari ODGJ yang berkeliaran disepanjang jalan sehingga hal ini perlu menjadi perhatian dari seluruh pihak. 

Bukan hanya itu,  temuan gangguan napza di seluruh puskesmas tidak ada alias nihol namun kenyataannya di Sinjai banyak yang mengalami gangguan lesehatan ini. 

"Jadi perlu ada kerjasama dan koordinasi antar lintas sektor untuk menemukan kasus gangguan napza seperti Kepolisian dan Rumah Tahanan, " tambahnya. 

Selain itu dr.  Dedeth sapaan Kadis Kesehatan Sinjai berharap tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas dapat mencetuskan inovasi untuk melakukan penemuan kasus kesehatan jiwa.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Puskesmaa dan para pengelola program kesehatan jiwa.  (AaNd) 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates