Trending

Puskesmas Pulau IX Laksanakan Simulasi Bencana

MC-SINJAI, Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai melalui Puskesmas Pulau-pulau IX menggelar simulasi bencana dengan menggandeng Badan Penanggulangan Bencana (BPBD)  sebagai pemateri di Aula Pertemuan Puskesmas Pulau IX,  Selasa (23/7/19).

Kegiatan ini diikuti oleh para tenaga kesehatan berasal di Ruang lingkup Puskesmas itu sendiri sebagai bekal upaya melatih diri, Kesiapan ketika menghadapi situasi kritis khususnya terkait dengan Water Rescue.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten. Sinjai Syamsul Ahmad mengatakan  kegiatan ini sifatnya bagian dari Kompetensi tentang Kesiapsiagaan. 

“Ada dua konsep kegiatan yang kami berikan yaitu penerimaan materi tentang kesiapsiagaan dengan ceramah dan diskusi aktif, Mitigasi bencana di Kantor Puskesmas, serta teori tentang cara yang dilakukan oleh para peserta ketika menghadapi cuaca ekstrem, hal ini penting agar mereka tidak panik dan mengetahui cara penggunaan jaket pelampung yang benar," katanya. 

Selanjutnya diadakan pula Simulasi di Pulau Larea-Rea yang juga diikuti oleh seluruh Peserta atau Petugas Puskesmas Pulau Sembilan dan Petugas Pustu.

Meskioun pada dasarnya mereka tidak tahu berenang, Namun dengan penggunaan sarana dan prasarana salah satunya adalah Jaket Pelampung menjadi Savety bagi para peserta sehingga dengan turun langsung dalam menyelamatkan atau penyelamatan kepada orang lain yang berada di dalam air tidak mudah merasa panik atau terlalu takut ketika berhadapan dengan suatu bencana.

Sementara itu Plt. Kepala Puskesmas Agussalim mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah Preventif terhadap petugas Puskesmas supaya mereka bisa menguasai dirinya ketika berada di Laut. 

"Apalagi Melihat juga wilayah kerja petugas kami yang 70% selalunya menempuh perjalanan laut sehingga diharapkan Kesiagaan dan Kesiapan oleh nakes kami ketika menghadapi suatu bencana dibekali ilmu pengetahuan Life Saving,” katanya. (AaNd kominfo) 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates