Trending

Kader PKK Bantu Turunkan Angka Kematian Ibu dan Anak

MC-SINJAI, Tim Penggerak PKK Kabupaten Sinjai menggelar Monitoring dan Evaluasi Kesehatan Ibu,  Anak dan Gizi di Gedung Wisma Hawai Sinjai,  Selasa (30/7/19).

Ketua Panitia Rusmalawati dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini yakni untuk meningkatkan capaian kemampuan hidup sehat melalui peningkatan derajat kesehatan yang optimal bagi ibu hamil, melahirkan, menyusui, anak balita dan prasekolah.

Wakil Ketua IV TP. PKK Sinjai Ira Ekawati Suryanto Asapa yang membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa angka kematian ibu dan angka kematian bayi di Indonesia khususnya di Kabupaten Sinjai harus menjadi perhatian dari seluruh pihak.

Hal ini karena Kabupaten Sinjai berada di urutan kedua teratas kasus angka kematian ibu dan anak di Sulawesi Selatan. Bukan hanya itu,  masalah yang juga perlu penanganan serius yakni stunting, dimana Sinjai masuk 10  besar di Sulsel.

"Oleh karena itu,  kami harapkan keterlibatan PKK kecamatan,  desa/kelurahan untuk membantu pemerintah menurunkan angka kematian ibu dan anak maupun masalah stunting," katanya. 

Istri Kadis Kesehatan Sinjai ini juga mengatakan bahwa kader PKK merupakan ujung tombak terdepan di masyarakat sebab selalu berhubungan langsung dengan masyarakat dalam melaksanakan tugasnya. 

"Ini PR kita bersama dalam mengurangi angka kematian ibu dan anak serta penanganan masalah stunting. Oleh karena itu kami himbau anggota/kader PKK dan petugas kesehatan untuk bersinergi dan bergandengan tangan mengatasi hal ini, " harapnya. 

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Deaa (PMD)  Sinjai A. Zainal Arifin Nur,  Wakil Ketua I TP. PKK Sinjai Kamriah Akbar dan diikuti peserta dari pengurus TP. PKK Sinjai, Ketua TP.PKK Kecamatan dan Ketua TP. PKK Kelurahan/Desa.

Adapun narasumber yakni perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Astati Made Amin, Kepala Dinas Kesebtan Sinjai dr. A. Suryanto Asapa dan Kepala Seksi Kesga dan Gizi Dinkes Sinjai Dedy Hardy Hamzah. (AaNd kominfo) 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates