Trending

Siswa Baru MAN 1 Sinjai Diwajibkan Membawa Telur, Ini Maknanya..!!!!!!

MC-SINJAI, Ada yang unik dalam pelaksanaan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (matsama) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)  1 Sinjai dari tanggal 15 hingga 17 Juli 2019.

Selain diisi dengan berbagai materi terkait pengenalan lingkungan sekolah, pembentukan karakter dan wawasan kebangsaan,  juga dilaksanakan kegiatan yang sifatnya edukatif. 

Salah satunya yakni seluruh siswa baru diwajibkan membawa 3 butir telur mentah yang dimasukkan kedalam toples plastik, telur ini bukan untuk dimakan bersama namun memiliki makna edukatif. 

Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)  MAN 1 Sinjai Sulastri Jamruddin saat ditemui Senin (15/7/19) mengatakan bahwa telur tersebut merupakan simbol amanah yang diemban oleh siswa baru yang harus dijaga. 

"Jadi telur ini merupakan simbol amanah yang harus dipegang oleh siswa baru,  selama tiga hari telur ini harus dibawa ke sekolah lalu dibawa pulang kerumah dan besok dibawa lagi,  telur ini tidak boleh pecah selama mengikuti kegiatan Matsama.  Olehnya itu tiap hari kita akan berikan cap stempel kepada telur tersebut sehingga ketika pulang di rumah mereka tidak mengganti dengan telur yang lain, " jelasnya. 

Metode ini lanjut dia,  sudah diterapkan sejak tahun lalu yang merupakan ide dari Pengurus OSIM MAN 1 Sinjai dengan harapan siswa baru dapat memegang teguh amanah yang diberikan sebelum mengikuti proses belajar mengajar. 

Setelah pelaksanaan Matsama nantinya, telur tersebut tetap menjadi milik siswa baru. "Hari terakhir telur ini dikembalikan ke masing-masing siswa,  terserah mau diapakan,  tapi tahun lalu pihak sekolah membeli telur tersebut kemudian hasilnya mereka sendiri yang sumbangkan," tambah Sulastri. (AaNd) 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates