Trending

Beraneka Ragam Kegiatan Warnai Pesta Adat Marimpa Salo

MC-SINJAI, Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa bersama para anggota Forkopimda menghadiri acara Ma’rimpa Salo yang berlangsung di Desa Bua Kecamatan Tellulimpoe Rabu (10/10/18).

Agenda tahunan ini dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai bekerjasama dengan Pemerintah Desa Bua serta didukung oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbu) RI dengan tema 'Melestarikan Kebudayaan Melalui Tradisi marimpa Salo'. 

Event yang menjadi agenda tahunan pariwisata di Kabupaten Sinjai ini digelar di ppesisir Sungai yang menjadi penghubung antara Desa Bua Kecamatan Tellulimpoe dengan Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur. Dengan alasan itulah, event ini digelar dengan mengambil tempat secara bergantian antara kedua desa tersebut.

Berbagai tahapan dilakukan dalam tradisi ini yang sarat akan kearifan lokal tetap dipertahankan hingga sekarang, seperti menghalau ikan dari hulu ke muara sungai menggunakan perahu, hentakkan kayu dan bunyi-bunyian untuk menggiring ikan dan masih banyak lainnya.

Pelaksanaan kegiatan mulai tanggal 9-10 Oktober 2018. Kegiatan tradisi ini dirangkaikan dengan berbagai acara dan lomba untuk memeriahkan acara tersebut. 

Selain itu, pertama kalinya diadakan pawai obor atau biasa disebut dengan Massulo. Massulo dilaksanakan pada 9 Oktober 2018 diawali dengan Shalat Magrib berjamaah dilanjutkan dzikir bersama.

Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengembangan adat budaya daerah tidak hanya sebagai upaya mengembangkan wisata budaya daerah sebab lebih dari itu khazanah adat budaya dapat dijadikan sebagai identitas keberagaman budaya daerah ini. 

"Kita patut bersyukur karena budaya dapat dipertahankan hingga saat ini". Ungkapnya. 

Usai memberikan sambutan Bupati bersama undangan menuju kapal nelayan yang sudah dihias untuk selanjutnya Ma’rimpa Salo.

Acara ini turut dihadiri oleh Kasubdit Pengetahuan dan Ekspresi Budaya Dirjen Kemendikbud RI, Dra.F. Srilestariyati, MM, Kadisbudpar Sulsel,  Ketua,  Wakil Ketua dan Anggota DPRD Sinjai, Mantan Bupati Sinjai A. Rudiyanto Asapa,  Sekda Sinjai,  para Pejabat dan sejumlah tamu undangan lainnya.  (AaNd/SerLi)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates