Trending

Bupati Harap Bantuan Tidak Diperjualbelikan

MC-SINJAI, Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa menghadiri acara penyerahan bantuan konversi BBM ke LPG 3 Kg untuk nelayan kecil di Kabupaten Sinjai yang bertempat di Balai Pertemuan Kompleks PPI Lappa, Selasa (23/10/18).

Acara ini dihadiri oleh Anggota DPRD RI Komisi VII Ir.Hj.Yuliani Paris, Wakil Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin Asnawi, Para Staf Ahli Setdakab Sinjai, pimpinan OPD dan para Camat. 

Kepala Dinas Perikanan Sinjai, Ir.Sultan H.Tare dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah nelayan tangkap Kabupaten Sinjai sebanyak 8.544 orang, jumlah kapal 2.014 unit dengan jenis alat tangkap yang digunakan adalah purse seine, bagan, jaring insang, pancing tonda, pancing ulur serta pole and line.

"Penerima terbanyak di Kecamatan Pulau Sembilan, dan tiga kecamatan lain yang menerima yaitu Sinjai Utara, Sinjai Timur dan Tellulimpoe, kami berharap semoga 2019 masih ada untuk diusulkan untuk Kabupaten Sinjai, kami laporkan kurang lebih 1000 yang kami usulkan dan hanya 253 orang yang disetujui, jadi masih banyak nelayan yang membutuhkan bantuan konversi gas ke elpiji," jelasnya.

Adapun para  penerima konversi BBM ke LPG di Kabupaten Sinjai yaitu sebanyak 253 orang yang tersebar pada 11 (sebelas) desa dan kelurahan di 4 (empat) kecamatan yang ada di Kabupaten Sinjai.

Ir.Hj.Yuliani Paris selaku anggota Komisi VII DPR RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa sekarang ini sedang menyusun undang-undang Energi Baru Terbarukan (EBT).

"Tahun lalu kami telah meresmikan listrik tenaga mikro hidro yang mencakup enam desa dalam konsep energi baru terbarukan dan tahun ini sepakat dengan kementerian ESDM untuk 13.670 untuk listrik di pulau pulau di Pangkep, penerangan jalan maupun sumur bor,"jelasnya.

Bupati Sinjai mengharapkan bantuan ini dimanfaatkan sesuai peruntukannya sehingga nelayan kecil tidak tergantung lagi dengan kebutuhan BBM (Bensin) karena dengan adanya bantuan LPG tersebut dapat lebih irit bila dibandingkan dengan penggunaan BBM.

"Bantuan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dapat digunakan sebaik mungkin dan diharapkan tidak dipindah tangankan atau diperjualbelikan karena bantuan ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para nelayan kecil di Kabupaten Sinjai dan kami harapkan pula agar bantuan ini dapat diberikan/dibantu untuk nelayan kecil di Kabupaten Sinjai di tahun yang akan datang sehingga nelayan Sinjai dapat menikmati program konversi BBM ke LPG 3 Kg,"tegas Bupati. (AaNd) 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates