Trending

Pengungsi Gempa Asal Palu Capai 1.120 Jiwa, Pemkab Bentuk Tim

Kabid Pemberdayaan,  Perlindungan dan Jamsos Dinas Sosial Sinjai Ilhamuddin S. Sos
MC-SINJAI, Pasca bencana gempa bumi dan tsunami di Palu, Donggala dan Sigi Sulawesi Tengah, pengungsi terus mengalir ke Sulawesi Selatan (Sulsel), salah satunya di Kabupaten Sinjai. 

Dinas Sosial Kabupaten Sinjai saat ini mencatat ada sekitar 1.120 jiwa pengungsi asal Sulawesi Tengah yang tersebar di seluruh Kecamatan di Sinjai. 

Kepala Bidang Pemberdayaan Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Sinjai Ilhamuddin S. Sos saat ditemui di Ruang kerjanya,  Selasa (23/10/18) mengatakan bahwa dalam masa tanggap darurat ini pihaknya terus menyalurkan sejumlah bantuan bagi para pengungsi. 

Bahkan langkah selanjutnya,  Pemerintah Daerah telah membentuk tim dari masing-masing OPD untuk mengkoordinir para pengungsi yang ada ditiap kecamatan.

"Pemkab mengambil langkah karena kita tidak tahu sampai kapan dia akan kembali ke Palu atau mungkin ada yang ingin tinggal di Sinjai. Kita sementara berkoordinasi dengan desa untuk mendata mereka siapa yang mau tinggal dan siapa yang mau kembali," jelasnya. 

Selain itu  berdasarkan laporan,  salah seorang pengungsi meninggal dunia karena sakit yang diderita sejak kedatangannya dari Palu. 

"Kemarin kita dapat informasi ada salah seorang yang meninggal,  dia itu memang sudah sakit sejak datang dari Palu,  kita rawat disini dan masuk di Rumah sakit tapi tuhan berkehendak lain, " katanya. 

Ilhamuddin menambahkan bahwa kebutuhan yang mendesak diperlukan oleh para pengungsi saat ini adalah makanan sehari-hari seperti beras,  air mineral dan sebagainya,  sedangkan pakaian pihaknya saat ini masih memiliki banyak stok di Kantor Dinsos Sinjai. 

"Kami masih banyak stok pakaian bekas disini dan saat ini kami sementara melakukan sortir untuk memilah pakaian mana yang layak disalurkan, " jelasnya.  (AaNd) 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates