Trending

Wakil Bupati Harap Pesta Adat Terus Ditingkatkan Sepanjang Tidak Mengandung Syirik

MC-SINJAI,  Masyarakat Caile Desa Kanrung yang terletak di Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai menggelar pesta adat Mappogau Hanua, Rabu (31/10/18).

Pesta adat yang merupakan ungkapan rasa syukur penduduk setempat setelah melaksanakan pesta panen ini sudah menjadi tradisi adat Desa Kanrung secara turun-temurun dan digelar sekali dalam tiga tahun.

Prosesi pelaksanaan pesta adat Mappogau Hanua tahun ini, mengusung tema "Lestarikan Atraksi Adat Budaya dan Tradisi Sebagai Kekayaan Budaya Daerah".

Berbagai rangkaian acara tradisi “Mappogau Hanua” ini berlangsung sukses dan meriah. Berbagai rangkaian acara pun memeriahkan pesta adat ini, mulai dari ziarah makam leluhur, gendang bulo, Atraksi Mangaru, dan permainan musik tradisional. 

Diperkirakan sekitar ribuan memadati Lapangan Sepak Bola Caile Dusun Baru, tempat perhelatan pesta adat tersebut sejak siang sampai sore hari. 

Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Kartini Ottong yang hadir dalam kegiatan ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting sebagai salah satu wujud nyata kepedulian masyarakat terhadap upaya pelestarian kebudayaan lokal dan kearifan lokal

"Event budaya ini sebagai wujud rasa syukur masyarakat terhadap hasil panen dan perkebunan mereka. Kegiatan ini tidak hanya meriah,  tetapi juga sarat dengan makna dan nilai filosofi yang bernilai positif dalam rangka penguatan budaya lokal masyarakat yang memiliki manfaat yang sangat besar dalam memfilter pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian yang kita miliki," jelasnya. 

Wakil Bupati jyga mwnegaskan agar setiap pesta adat yang dlaksanakan maayarakat tisak lagi melakukan hal-hal yang berbau syirik dan bertentangan dengan ajaran Islam. 

Selain masyarakat setempat, turut hadir pula beberapa unsur pimpinan Forkopimda, perwakilan Kemenkumham RI,  Kepala Kemenag Sinjai,  Kepala Rutan Sinjai, Mantan Wakil Bupati Sinjai H. A. Fajar Yanwar,  Kepala OPD,  Kabag Setdakab, para Kepala Desa dan tokoh masyarakat setempat.  (AaNd) 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates