Trending

ANTISIPASI PENYAKIT ANTRAKS DISNAK KESWAN MEMPERKETAT LALU LINTAS HEWAN

MC-SINJAI,Penyakit antraks yang pada umumnya menyerang hewan menjadi hal yang patut diwaspadai oleh masyarakat mengingat penyakit yang disebabkan oleh bakteri bacillus anthracis itu dapat tertular ke manusia. 

Mengantisipasi hal tersebut, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sinjai, Drh. Aminuddin Zainuddin mengaku telah mengupayakan pencegahan lebih dini salah satunya dengan cara memperketat lalu lintas hewan lewat upaya vaksinasi terhadap hewan yang masuk dan akan keluar dari Sinjai. Aminuddin mengatakan, penularan penyakit antraks  dapat dicegah selama upaya vaksinasi dilakukan secara rutin setiap tahunnya.

“Penyakit antraks itu bisa dicegah dengan vaksinasi, jadi dilakukan sekali setahun terhadap ternak-ternak di lokasi, kalaupun misalnya ada ternak yang terkontaminasi dan cepat diketahui itu bisa diobati dengan antibiotik” ujar Aminuddin.

Aminuddin mengimbau kepada seluruh masyarakat yang memiliki hewan ternak dan dicurigai terjangkit suatu penyakit agar segera menghubungi pihak peternakan lewat call center yang disebar di seluruh desa. Selain itu, Aminuddin juga meminta masyarakat untuk teliti saat membeli daging terutama di penjualan daging yang tidak terakreditasi dan tidak dalam pengawasan resmi pihak dinas peternakan dan kesehatan hewan.(Zakaria Ridwan)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates