Trending

SHALAT GERHANA MATAHARI DIGELAR DI MASJID AGUNG NUJUMUL IJTIHAD SINJAI

MC-SINJAI,Gerhana Matahari Total (GMT) kembali terjadi di sejumlah daerah di Indonesia pada Rabu pagi (9/3/16) setelah puluhan tahun lamanya. Mengetahui adanya kejadian fenomena langka itu, ratusan warga kota Sinjai dari berbagai elemen masyarakat  menggelar salat gerhana matahari yang dipusatkan di Masjid Agung Nujumul Ijtihad Jalan Persatuan Raya, Sinjai Utara. 

Salat gerhana matahari tersebut turut dihadiri beberapa pimpinan SKPD itu dipimpin ketua MUI Sinjai H. Abdul Hamid. Kepala Kantor Kemenag Sinjai, H. Mudharak Dahlan mengatakan, pelaksanaan salat gerhana matahari ini digelar sebagai wujud rasa kagum dan rasa syukur umat muslim di Sinjai atas kebesaran Allah Swt. Yang ditampakkan lewat fenomena GMT.

“Harapan kami tentu bagaimana meningkatkan keimanan kita semua bahwa kejadian ini tidak semua negara bisa melihat itu tentu kita merasa bersyukur,” Ujar Mudharak.

Mudharak mengatakan, pelaksanaan salat gerhana matahari secara berjamaah ini tidak terlepas dari dukungan dan peran serta Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya dan para ormas lainnya dalam mengajak serta masyarakat untuk bersyukur atas kondisi alam yang terjadi.

Meski GMT yang terjadi sekali dalam puluhan tahun tersebut hanya terlihat jelas di 12 wilayah yang ada di seluruh indonesia namun mukjizat alam itu dapat dirasakan keberadaannya hingga di Kabupaten Sinjai. GMT sudah beberapa kali terjadi di wilayah Indonesia yakni pada tahun 1995, 1983, 1984, dan 1988 dan diperkirakan akan kembali terjadi pada tahun 2042 mendatang.(Zakaria Ridwan)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates