Trending

ASISTEN EKONOMI DAN PEMBANGUNAN LAUNCHING PENERAPAN KEBIJAKAN KANTONG PLASTIK BERBAYAR

MC-SINJAI,Kebijakan kantong plastik berbayar yang dicanangkan secara nasional ditindaklanjuti oleh pemerintah Kabupaten Sinjai yang diluncurkan sejak Sabtu pagi, (5/3/16), di salah satu toko medern yang ada di kota Sinjai.

Peluncuran kebijakan ini dilakukan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Sinjai, Hj. Nikmat B. Situru didampingi kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH), Firdaus dan beberapa pimpinan SKPD lainnya.

Dalam peluncuran ini, Nikmat mengatakan bahwa penerapan kebijakan kantong plastik berbayar di seluruh gerai pasar modern  merupakan strategi yang diharapkan menekan laju timbunan sampah plastik yang selama ini menjadi penyumbang pencemaran lingkungan. Karena itu, Nikmat berharap agar seluruh masyarakat memiliki  kesadaran untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, salah satunya dengan menyiapkan wadah alternatif sendiri saat berbelanja ke pasar.

“Menyiapkan wadah belanja alternatif seperti kantong belanja yang dapat dipakai ulang serta melakukan sosialisasi kepada pelanggan,” ujar Nikmat.

Pemberlakukan kebijakan ini diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh semua pasar modern yang ada di Sinjai dengan memberlakukan pungutan berbayar minimal 200 rupiah per kantong sesuai ketetapan BPKN yang disepakati bersama YLKI dan APRINDO.(Zakaria Ridwan)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates