Trending

4 Tahun Terakhir, 30 Kasus HIV/AIDS di Sinjai

MC-SINJAI, Komite Pencegahan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Sinjai mencatat jumlah kasus HIV/AIDS di Sinjai dalam waktu empat tahun terakhir ini mencapai 30 kasus.

Wakil Bupati Sinjai Sekaligus Ketua KPAD Sinjai, Andi Fajar Yanwar belum lama ini mengatakan, kasus HIV/AIDS di Kabupaten Sinjai sejak tahun 2011 hingga 2014 berjumlah 30 kasus.

Adapun rinciannya, tahun 2011 terdapat 4 kasus, tahun 2012 3 kasus, pada tahun 2014 meningkat menjadi 7 kasus dan hingga akhir 2014 meningkat tajam menjadi 16 kasus. 

Jumlah ini katanya, seperti fenomena gunung es dimana masih banyak kasus yang belum ditemukan. "Jadi jumlah ini berdasarkan temuan kita namun masih banyak masyarakat kita tidak melapor jika ia terkena virus ini karena merasa malu," katanya.  

Untuk faktor penularan dijelaskan Andi Fajar, lebih disebabkan karena sering berganti-ganti pasangan dan penularan melalui jarum suntik.

Untuk mencegah hal itu Wakil Bupati menghimbau agar masyarakat jangan melakukan seks sebelum menikah, setia kepada pasangan, tidak memakai narkoba dan memahami tentang HIV. (AaNd)

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates