Trending

Sinjai Urutan Ke 2 Penderita Diabetes di Sulsel

MC-SINJAI, Kabupaten Sinjai menduduki peringkat kedua dengan penderita Diabetes Melitus (DM) terbanyak di Propinsi Sulawesi Selatan,

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Sinjai Akhirani saat dijumpai di ruang kerjanya. Menurutnya, data ini berdasarkan hasil riset kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan propinsi Sulsel.

Kata Akhirani, perilaku manusia dengan pola makan  yang tak sesuai dengan pola makan seimbang sehat dengan memilih makanan tinggi lemak dan kalori dapat memicu penyakit diabetes.

"Belum lagi bila mereka kurang aktifitas fisik di luar ruangan, tidak olahraga, jadi gemuk, obesitas, lagi-lagi memicu diabetes," tegasnya.

Diabetes melitus kini menjadi ancaman yang serius bagi manusia dan telah menjadi penyebab kematian urutan ketujuh di dunia dan saat ini bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua.

Penyakit ini katanya ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. DM ini timbul perlahan-lahan dan biasanya tidak disadari oleh si penderita.

"Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit turunan bukan menular," kata Akhirani.

Ia menyarankan kepada masyarakat, jika merasa memiliki gejala-gejala diabetes melitus segera memeriksa kadar gula darah di puskesmas atau di rumah sakit dan konsultasi ke dokter.  (AaNd)

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates