Trending

Adiwiyata: Penguatan Kapasitas Sekolah di Sinjai

MC-SINJAI.Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Sinjai, Senin (30/3/2015) pagi mendadak ramai. Ada seratusan siswa SD, SMP, dan SMA memenuhi halaman KLH yang terletak di Jalan Persatuan Raya. Mereka mengenakan kostum yang “aneh-aneh”. Ada yang memakai topi anyaman dari kemasan teh gelas, baju rompi dari kertas koran, serta adapula yang memakai rok dan rumbai-rumbai dari sampah plastik dan tali rafia. Bukan hanya kostum. Beberapa pelajar juga terlihat membawa galon-galon bekas lengkap dengan alat pemukul, botol bekas serta ember dan tong plastik bekas. 


Kostum yang dkenakan para pelajar, serta sekumpulan peralatan dari barang bekas yang mereka bawa ternyata mengundang perhatian warga dan para pengguna jalan. Beberapa dari mereka memilih singgah dan menonton dari balik pagar kantor. Sejurus kemudian warga dan pengguna jalan yang sebelumnya penasaran dengan aktivitas anak-anak sekolah ini seketika bertepuk tangan dan tertawa.
Ternyata dari balik pagar mereka menyaksikan pementasan unik. Mengenakan kostum berbahan dasar sampah plastik dan kertas, ratusan pelajar ini satu persatu tampil mewakili sekolahnya membawakan nyanyian dan yel-yel bertema lingkungan hidup.


Nyanyian dan yel-yel bertema lingkungan hidup ini mengawali pelaksanaan tahapan dari program Adiwiyata atau sekolah berbasis dan berbudaya lingkungan. Melalui yel-yel, program Adiwiyata resmi bergulir di Kota Sinjai.


Dari pementasan di Kantor Lingkungan Hidup Sinjai, ratusan pelajar ini harus kembali ke sekolah masing-masing dan melakukan “pementasan” lanjutan, yakni aktualisasi program Adiwiyata sebagaimana pesan yang mereka sampaikan melalui nyanyian dan yel-yel.  Adiwiyata bukan sekadar lomba bagi sekolah yang berhasil memasukkan unsur lingkungan hidup pada setiap aktivitas belajar mengajar. Namun Adiwiyata merupakan upaya melakukan penguatan kapasitas warga sekolah (guru dan siswa) dalam mengelola sampah, maupun lingkungan sekolah secara umum(Zakaria Ridwan)

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates