Trending

Pemkab Sinjai Gelar Lokakarya Program "KOTAKU"

MC-SINJAI, Dinas Pemukiman dan Tata Ruang Kabupaten Sinjai bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) menggelar sosialisasi dan workshop Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Rabu (28/9).

Konsultan Manajemen Wilayah Propinsi Sulsel, Muh. Rusdi mengatakan tujuan sosialisasi ini untuk membangun kesamaan pemahaan, kolaborasi dan komitmen bersama  di tingkat pemerintah daerah terkait kebijakan dan strategi dalam pencegahan dan peningkatan kualitas pemukiman kumuh serta untuk membangun kesamaan pemahaman tentan skema kerjasama antar program pusat, dan daerah agar ada peningkatan kualitas dalam pelaksanaan program ini.

"Program kotaku (kota tanpa kumuh) merupakan program nasional yang dilaksanakan secara nasional di 269 kabupaten/kota pada 34 propinsi, dan salah satunya di Kabupaten Sinjai," jelasnya.

Adapun platform atau basis penanganan kumuh dari program ini  mengintergrasikan berbagai sumber daya dan sumber pendanaan termasuk dari pemerintahan pusat, propinsi, kabupaten dan kota.

Asisten I tata Praja Setdakab Sinjai, Drs. Andi Halilintar Badong yang membuka kegiatan ini berharap dengan terbangunnya kolaborasi maka akan terjadi keterpaduan antar sektor untuk bersama-sama bergerak mencapai sasaran pembangunan kawasan pemukiman, khususnya terwujudnya kota tanpa kumuh pada tahun 2019, dengan menempatkan pemerintah daerah sebgai nakhoda, masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan dan pemerintah pusat sebagai pendamping pemerintah daerah.

"Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pencanangan target persentase kawasan pemukiman kumuh perkotaan sebesar 0 % pada tahun 2019 mendatang," Ujarnya.

Rapat ini dihadiri oleh para Lurah di Kecamatan Sinjai Utara, Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman (Pokja PKP) dan Badan Keswadayaan Masyarakat. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates