Trending

Target Luas Tanam Diprediksi Tidak Tercapai

MC-SINJAI, Target luas pertanaman padi tahun 2016 di Kabupaten Sinjai hampir dipastikan tidak memenuhi target. 

Hal ini diungkapkan oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Sinjai H. Taiyeb A. Mappasere. Menurutnya, target yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat untuk Kabupaten Sinjai lebih besar dibanding luas area tanam yang tersedia di Kabupaten Sinjai.

Luas area tanam di Kabupaten Sinjai saat ini 15.863 Hektar Sedangkan target yang dibebankan oleh pemerintah pusat kepada Kabupaten Sinjai seluas 16.275 Hektar.

Untuk itu, Taiyeb mempertanyakan data yang digunakan oleh pemerintah pusat dalam memberikan target kepada daerah sebab ada selisih sekitar 412 hektar sedangkan tidak ada program penciptaan lahan baru.

"Saya tidak mengerti data ini diperoleh darimana, apakah dari statistik atau dinas terkait yang salah dalam memberikan data kepada Pemerintah Pusat," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Hortikultura Kabupaten Sinjai, Ir. Jamil mengakui hal tersebut, namun ia mengungkapkan bahwa keberhasilan suatu daerah dalam mewujudkan swasembada pangan bukan dilihat dari capain luas target tanam, melainkan hasil produksi dan provitas padi, dimana pada tahun lalu kabupaten Sinjai berhasil  mengalami peningkatan produksi sebesar 9,67 % dan provitas 7,11 %. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates