Trending

Pemprov Sulsel Tetapkan 'Bosowasi' Sebagai Kawasan Andalan Sulsel

MC-SINJAI, Dalam rangka Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Selatan, Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan meluncurkan kawasan andalan Bosowasi  dengan melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU)  yang berlangsung di sela-sela Puncak Peringatan Hari Jadi Wajo ke 617, bertempat di Lapangan Merdeka Kabupaten Wajo, Selasa (26/4).

Penandatanganan ini dilakukan oleh masing-masing Bupati, dimana Kabupaten Sinjai diwakili oleh Wakil Bupati Sinjai, Andi Fajar Yanwar yang disaksikan langsung oleh Gubernur Sulsel, H. Syahrul Yasin Limpo dan Ketua DPRD Propinsi Sulsel, H. Muh. Roem.

Kepala Biro Kerja Sama Setda Provinsi Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo, saat ditemui mengatakan bahwa kawasan andalan tersebut berada di wilayah Bosowasi (Bone Soppeng Wajo dan Sinjai), dimana wilayah-wilayah yang masuk dalam kawasan andalan ini akan memperoleh prioritas pembangunan untuk sektor perhubungan, pertanian, perkebunan, termasuk pariwisata.

Selain Bosowasi, Pemprov juga menetapkan kawasan Ajjatappareng yang terdiri atas wilayah Pare-pare, Pinrang, Sidrap, Enrekang dan Barru sebagai kawasan andalan Sulsel yang akan menjadi penopang bagi pembangunan di Sulsel.

“Ini bertujuan agar kesejahteraan masyarakat yang masuk dalam kawasan andalan ini bisa meningkat, “Untuk awal, kita target adalah adanya payung hukum, setelah itu baru masuk ke instansi teknis,” paparnya.

Ashari mencontohkan, kerja sama yang bisa dilakukan lewat Kawasan Andalan adalah pengembangan komoditas unggulan melalui alih teknologi atau pemanfaatan bibit unggul dari masing-masing daerah. Selain itu, akan ada percepatan dan penataan pembangunan infrastruktur seperti jalan, pertanian, perkebunan, dan pengembangan sentra-sentra usaha, di wilayah empat Kabupaten tersebut.

Penetapan kawasan andalan ini, kata dia, juga telah mempertimbangkan dukungan infrastruktur seperti pembangunan "elevated road" yang menghubungkan Kabupaten Maros dan Kabupaten Bone. Penetapan dua kawasan tersebut sebelumnya sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Sulsel dengan target awal mendapatkan payung hukum bagi  Kawasan Andalan ini. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates