Trending

1.863 Ternak Sapi Diasuransikan

MC-SINJAI. Sebanyak 1.863 ekor sapi di Sinjai telah di asuransikan dalam Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) dari Kementerian Pertanian. Hal tersebut terungkap pada acara penyerahan kartu asuransi ternak di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Kamis (01/12). 

Program AUTS adalah program asuransi dari Kementan dengan menggandeng perusahaan asuransi badan usaha milik negara sebagai pelaksana tunggal. Tujuannya memberikan perlindungan kepada peternak sapi jika terjadi risiko kehilangan atau kematian ternak akibat serangan penyakit, kecelakaan, dan proses melahirkan.

Kepala Dinas Peternakan dan kesehatan hewan Sinjai. Aminuddin Zainuddin mengatakan sapi yang diasuransikan adalah sapi betina yang sehat, masih produktif, dan berumur minimal satu tahun. Preminya sebesar Rp 200.000 per ekor per tahun.

"Karena ini program pemerintah, ada subsidi 80 persen atau Rp 160.000 dari pemerintah, sehingga peternak hanya membayar sisanya yang Rp 40.000 per ekor per tahun dengan uang pertanggungan sebesar Rp 10 juta per ekor," Jelasnya.

Sapi-sapi yang telah terdaftar AUTS nantinya akan ditandai untuk memudahkan identifikasi saat pengajuan klaim nanti yaitu dengan memasang microchip, eartag (anting), dan alat lainnya. (L2)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates