Trending

Jelang Pilkada,Bawaslu Siapkan Pengawas di TPS

MC-SINJAI, Guna meminimalkan terjadinya pelanggaran di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat pelaksanaan Pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) nanti akan menyiapkan pengawas TPS. 

Hal ini dijelaskan unsur pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Fatmawati, MA, saat hadir memberikan materi pada Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan Bawaslu di Hotel Sinjai, Senin (19/12/2016) pagi.

“Selain Panwaslu di kabupaten/kota, nantinya akan ada juga pengawas di TPS. Satu TPS akan ditempatkan satu orang pengawas, yang akan bertugas sejak distribusi logistik pemilu hingga pencoblosan di TPS,” jelas Fatmawati.

Keberadaan pengawas TPS ini tambahnya diharapkan akan meningkatkan kualitas pemilu di Indonesia. Selain pimpinan Bawaslu Sulsel, pemateri lain pada FGD ini, DR. Fadhli Natsir, menekankan pentingnya pengawasan partisipatif yang melibatkan stakeholder untuk mewujudkan pemilu demokratis.

“Pemilu demokratis akan terwujud apabila aspek pengawasan berjalan optimal di setiap tahapan penyelenggaraan pemilu atau pilkada. Olehnya itu pelibatan stakeholder sangat penting untuk membantu Bawaslu atau Panwaslu mengawasi pemilu.” urai DR. Fadhli, yang juga dosen fakultas hukum dan syariah UIN Alauddin Makassar ini.

FGD oleh Bawaslu ini dihadiri perwakilan partai politik, unsur pers, organisasi kepemudaan, serta dari KPU Sinjai. Hadir pula Kepala Rutan kelas 2B Sinjai, Akbar Amnur.(Zakaria Ridwan)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates